Daun Insulin untuk Pengobatan Diabetes, Mitos atau Fakta?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Daun Insulin untuk Pengobatan Diabetes, Mitos atau Fakta?

Daun Insulin untuk Pengobatan Diabetes, Mitos atau Fakta?

KEPONEWS.COM - Daun Insulin untuk Pengobatan Diabetes, Mitos atau Fakta? JAKARTA - Diabetes menjadi jenis penyakit yang banyak menyita kesabaran penderitanya. Alasannya adalah jikalau sudah didagnosa menderita diabetes, seumur hidup penderita harus mengonsumsi obat-obatan....

JAKARTA - Diabetes menjadi jenis penyakit yang banyak menyita kesabaran penderitanya. Alasannya adalah jikalau sudah didagnosa menderita diabetes, seumur hidup penderita harus mengonsumsi obat-obatan.

Banyak penderita khawatir dengan asupan obat yang dikonsumsi tiap hari. Tak sedikit yang memilih beralih ke obat-obatan herbal.

Mereka berpikir jikalau mengonsumsi obat untuk jangka panjang, apa lagi seumur hidup, akan menimbulkan efek samping.

Pengobatan alami diabetes yang sedang tren merupakan konsumsi daun insulin. Jenis daun ini dipercaya memiliki kemampuan untuk menghasilkan insulin dalam tubuh. Benarkah?

"Saya tidak tahu. Katanya cukup banyak tanaman tradisional yang bisa ini dan itu, ada juga obat Cina yang katanya menurunkan gula darah, tapi kami tidak mengerti, karena belum ada penelitiannya secara medis" terang dr. Med. Beny Santoso, SpPD, KEMD., ketika ditemui di daerah Sarinah, Jakarta Pusat.

Ia pun menghimbau untuk berhati-hati dengan jenis obat tradisional yang tidak melewati uji klinis. Selain tidak diketahui komposisinya, kita pun tidak bisa menjamin keasliannya.

"Hati-hati dengan obat seperti itu, karena tidak atau belum cukup penelitian ilmiahnya. Bahkan tak sedikit yang abal-abal, kita tidak tahu," imbuhnya.

Baca: Luka Diabetes Kerap Ditemukan di Kaki, Apa Ya Penyebabnya?

Ia mengungkapkan sedikit resah dengan pola pikir beberapa pasien yang mudah mempercayai obat-obatan tradisional yang tidak diketahui benar kandungan dan khasiatnya.

Justru obat yang sudah terbukti secara klinis dan banyak digunakan, malah ditakuti memiliki efek samping terhadap kesehatannya.

Daun Insulin untuk Pengobatan Diabetes, Mitos atau Fakta?

Comments