Dari tahun ke tahun, ini 5 fitur gebrakan smartphone yang bikin heboh

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Dari tahun ke tahun, ini 5 fitur gebrakan smartphone yang bikin heboh

Dari tahun ke tahun, ini 5 fitur gebrakan smartphone yang bikin heboh

KEPONEWS.COM - Dari tahun ke tahun, ini 5 fitur gebrakan smartphone yang bikin heboh Smartphone yang kamu pegang sekarang bukan sekadar alat komunikasi. Berkat kemajuan teknologi, kamu bisa melakukan hampir apa pun hanya dengan smartphone atau handphone (HP). Mulai dari hal remeh sepe...
Loading...

Smartphone yang kamu pegang sekarang bukan sekadar alat komunikasi. Berkat kemajuan teknologi, kamu bisa melakukan hampir apa pun hanya dengan smartphone atau handphone (HP). Mulai dari hal remeh seperti kalkulator, browsing tugas kuliah, sampai transaksi online bisa kamu lakukan hanya bermodal smartphone saja.

Belum ada 10 tahun yang lalu, HP cuma bisa dipakai untuk menelepon dan mengirim teks SMS saja. Tak ada fasilitas canggih seperti berselancar di internet, main game online, atau bahkan sekadar mengirim gambar. Tapi jangan salah, HP zaman dulu itu sangat kuat. Saking kuatnya, banyak yang percaya HP bisa digunakan sebagai pengganjal pintu.

Namun sekarang, kamu bisa menikmati banyak sekali hiburan dan berita langsung di smartphonemu. Ditambah ukuran layar besar nan terang, membuatmu betah berjam-jam menatap layar HP.

Bahkan, ada juga anak muda yang tak bisa tidur sebelum bermain HP dahulu. Tak dipungkiri smartphone merupakan benda paling tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari bagi generasi zaman masa kini. Kamu termasuk, Sobat?

Nah, kali ini mengulas fitur-fitur gebrakan HP dari masa ke masa yang bikin kamu penggunanya semakin merasa dimanjakan. Apa saja ya? Yuk simak infonya di bawah ini sebagaimana disarikan dari banyak sekali sumber, Rabu (21/2).

1. GPS.

GPS dipopulerkan pada tahun 1999. Baru pada tahun 2004, fitur ini menggunakan sinyal HP dan GPS untuk menentukan posisi pengguna.

Sayangnya, fitur ini sering diremehkan anak muda dan jarang dipakai. Tapi di balik layar, GPS bisa membuat smartphonemu jadi semakin pintar. Fitur ini bisa memberikan rekomendasi jalan dan destinasi menarik di sekitarmu. Bila menggunakan software transportasi, fitur ini juga membuatmu mudah ditemukan.

2. Kamera.

Kamera mulai populer di HP pada akhir tahun 2000-an. Kemudian hadir HP dengan kamera depan. Dulunya kamera depan hanya digunakan untuk keperluan konferensi usaha saja. Fitur ini juga hanya ada di HP yang harganya mahal.

Beda dengan dulu, zaman sekarang kamera depan bisa mengambil foto yang sama tajamnya dengan kualitas kamera DSLR.

Sebut saja kamera depan Advan G2. Dengan resolusi 16 MP dan aperture F/2.0, foto selfie bisa jadi apik dan menarik. Wajah terlihat jernih, background juga terlihat semakin tajam.

Kamera Advan G2 ini andal banget menangkap detail tepat meski dalam keadaan cahaya redup. Selain itu, teknologi image stabilizernya akan membuat fotomu tetap stabil dalam kondisi apa pun. Dengan begitu, kamu nggak perlu takut fotomu jadi blur.

Advan G2 semakin memanjakan kamu pencinta selfie dengan fitur beautify 5.0 yang membuat wajahmu tampak berseri dan cerah tanpa perlu ribet. Apalagi bodinya yang slim bikin kamu nyaman kapan pun mau mengambil foto selfie.

Selain untuk berfoto selfie, kamera depan Advan G2 ini juga berfungsi sebagai sistem keamanan lho. Smartphone asli Indonesia ini membekali seri terbarunya dengan teknologi Face ID. Teknologi ini bisa mengidentifikasi 200 titik detail di wajah untuk membuka perangkat. Sehingga cara membuka kunci layar menjadi lebih mudah, tapi tetap dengan kendali keamanan yang tinggi.

3. Layar sentuh.

Dulu kalau kamu masih ingat, HP biasanya mempunyai keyboard fisik atau 9 tombol dengan huruf. Dulu masih belum ada teknologi layar sentuh untuk mengakses HP. Baru pada tahun 2007 dengan pengenalan iPhone pertama, layar sentuh baru populer. Sekarang, kamu bisa mengakses smartphonemu dengan lancar hanya dengan sentuhan jari saja karena hampir semua smartphone memiliki layar sentuh.

4. Modem 4G/LTE.

Kecepatan internet berbanding lurus dengan emosi anak muda. Jikalau sedang lemot, kamu bisa menggerutu seharian. Sebaliknya kalau lancar, mood seharian bisa happy.

Dulu modem yang ada di smartphone mempunyai kecepatan yang sangat jelek. Membuka website saja bisa memakan waktu hampir satu menit. Sekarang berkat teknologi 4G, kamu bisa mengakses konten YouTuber terkenal tanpa buffer.

Teknologi 4G/LTE baru populer sekitar tahun 2010. Teknologi 5G yang lebih cepat lagi rencananya akan diluncurkan pada tahun 2020.

5. Desain tipis dan enak digenggam.

Dulu, jikalau kamu mengantongi HP, celanamu bisa sesak dan akan terlihat gundukan besar di sakumu. Bagaimana lagi, HP pada tahun 2000-an ukurannya bisa segede batu bata. Beberapa bahkan membutuhkan kantong khusus yang disematkan di ikat pinggang untuk membawanya. Uniknya, kantong ini dulu pernah jadi salah satu benda wajib bagi pekerja kantoran untuk tampil keren.

Sekarang desain tipis dan nyaman digenggam merupakan tren smartphone terbaru. Sebut saja Advan G2, dengan dimensi 156,3 x 7,64 x 7,65 mm membuatnya nyaman digenggam.

Desain smartphone yang ringan dan enak digenggam penting untuk menghindari Carpal Tunnel Syndrome. Sindrom inilah yang menyebabkan tangan kesemutan dan nyeri berlebihan bila menggunakan smartphone berat terus menerus. Masih penasaran dengan banyak sekali fitur menarik Advan G2? Yuk kunjungi laman ini.

(tin)

Loading...

Comments