Dari Stres hingga Infeksi HIV Bisa Menjadi Penyebab Sariawan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Dari Stres hingga Infeksi HIV Bisa Menjadi Penyebab Sariawan

Dari Stres hingga Infeksi HIV Bisa Menjadi Penyebab Sariawan

KEPONEWS.COM - Dari Stres hingga Infeksi HIV Bisa Menjadi Penyebab Sariawan Dari Stres hingga Infeksi HIV Bisa Menjadi Penyebab Sariawan (Depositphotos) Mereka yang mengalami anemia, kelainan darah paling umum, mudah terjangkit sariawan. Menurut Pengurus Besar Persatuan Dokte...

Dari Stres hingga Infeksi HIV Bisa Menjadi Penyebab Sariawan (Depositphotos)

Mereka yang mengalami anemia, kelainan darah paling umum, mudah terjangkit sariawan.

Menurut Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD, faktor lain, HIV. Orang yang hidup dengan HIV, sering sariawan.

Mereka yang terinfeksi HIV, sistem kekebalan tubuh mereka menurun. Ini karena populasi sel T pembantu di tubuh mereka rendah sekali, kurang dari 200. Penelitian lain menyebut, pemicu sariawan ialah kelainan genetik, alergi kandungan detergen pada pasta gigi, sensitif terhadap gandum dan gula, serta infeksi mikroba di jaringan rongga mulut, beber dia.

Rahmi menambahkan, Sariawan klasik disebabkan oleh stress berat, fase menjelang menstruasi, stres, dan faktor keturunan. Di luar keempat faktor itu bisa dibilang modern. Maksudnya, sariawan itu menandai adanya penyakit tertentu di tubuh Anda.

(wyn / gur)

Comments