Dari Ronald Reagan hingga Donald Trump, Begini Suguhan di Inaugurasi Presiden AS

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Dari Ronald Reagan hingga Donald Trump, Begini Suguhan di Inaugurasi Presiden AS

Dari Ronald Reagan hingga Donald Trump, Begini Suguhan di Inaugurasi Presiden AS

KEPONEWS.COM - Dari Ronald Reagan hingga Donald Trump, Begini Suguhan di Inaugurasi Presiden AS MOMEN pelantikan Presiden Amerika Serikat, biasanya identik dengan banyak sekali suguhan spesial yang disediakan khusus untuk para tamu undangan. Begitupun dengan acara pelantikan Donald Trump sebagai...

MOMEN pelantikan Presiden Amerika Serikat, biasanya identik dengan banyak sekali suguhan spesial yang disediakan khusus untuk para tamu undangan. Begitupun dengan acara pelantikan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat ke-45.

Nah, kalau Anda tertarik untuk mengetahui menu apa saja yang disajikan oleh pihak panitia, berikut daftar menu inauguration luncheon dari tahun ke tahun yang berhasil di rangkum Okezone.

Ronald Reagan

Berbeda dengan Presiden Amerika lainnya, pada acara inaugurasi Ronald Reagan, pihak panitia menyediakan tiga ton jelly belly seharga Rp375 juta. Permen tersebut merukan hasil olahan Herman Goelitz Co yang kini dikenal dengan Jelly Bean. Selain itu, para tamu undangan juga dimanjakan oleh sejumlah hidangan lezat mirip mousse of sole, tumis bayam dengan lobster, udang saus truffle, daging sapi panggang dengan saus morel, sayuran segar, nasi chestnust, dan cold praline souffle dengan saus raspberry. Acara inaugurasi semakin hangat dengan suguhan minuman berkelas, salah satunya ialah sonoma-cutrer chardonnay buatan tahun 1982.

William Jefferson Bill Clinton

Clinton dinobatkan sebagai presiden ketiga termuda dalam sejarah Amerika. Pada ketika itu, ia terpilih menjadi Presiden Amerika di usianya yang baru menginjak umur 46 tahun. Untuk acara inaUgurasi pertamanya, pihak panitia menyuguhkan 3 hidangan utama yakni, salmon panggang dengan saus lorrel, ayam rosemary dengan nasi kemiri, brokoli, wortel jahe, dan apple-cranberry brown betty dengan creme anglaise. Ketiga makanan tersebut dikombinasikan dengan 3 jenis minuman sekaligus, yakni Jekel Estate Bottled Cabernet Sauvignon, California (1989); Korbel Natural "Special Inaugural Cuvee" Champagne, California; dan Jekel Estate Bottled Chardonnay, California (1990).

Jimmy Carter

Kejadian unik terjadi pada masa pelantikan Jimmy Carter tahun 1976 lalu. Carter menjadi presiden pertama yang berjalan kaki dari Capitol ke Gedung Putih dalam parade pelantikannya. Tidak hanya itu, Carter juga meminta agar tradisi inauguration luncheon dibatalkan. Sebagai gantinya, para tamu undangan disuguhkan kaca dan pretzel.

Franklin D. Roosevelt

Pada masa pelantikannya, Roosevelt sempat meminta koki rumahnya untuk membuat chicken a la king. Mengingat pada masa itu Perang Dunia II sedang berlangsung, Henrietta Nesbitt memutuskan untuk menyiapkan makanan yang lebih sederhana. Ia membuat salad ayam, unbuttered rools, unfrosted pound cake, dan kopi untuk 2000 tamu undangan. Namun sayangnya, hidangan tersebut tidak sesuai dengan harapan tamu mereka. Salah satu tamu undangan bernama George Jessel sempat melontarkan kritik tajam pada istri Roosevelt. Nyonya Roosevelt, bagaimana Anda bisa membuat salad ayam dengan tekstur yang sangat kecil dan terlalu banyak seledri? tuturnya tajam.

Donald Trump

Terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat ke-45, acara inaugurasi Trump diperkirakan akan berlangsung meriah. Bagaimana tidak, Joint Congressional Committee on Inaugural Ceremeonies telah menyiapkan sejumlah hidangan spesial untuk menjamu 30 ribu tamu undangan. Pada hidangan pembuka ada maine lobster dan udang gulf lengkap dengan saus safforn dan peanut crumble. Lalu ada olahan daging sapi khas Virginia yang dimasak dengan dark chocolate, juniper jus dan potato gratin. Sedangkan untuk hidangan pencuci verbal, para tamu undangan akan dimanjakan dengan sensasi manis chocolate souffle yang disajikan dengan cherry vanilla ice cream. Tidak hanya itu, ribuan botol california wine juga telah disediakan demi melengkapi sesi makan siang tersebut. Demikian dilansir dari The Daily Meal, Jumat (20/1/2017).

Dari Ronald Reagan hingga Donald Trump, Begini Suguhan di Inaugurasi Presiden AS

Comments