Dari Ahlinya, Ini 3 Tips Fotografi Cityscape dengan Smartphone

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Dari Ahlinya, Ini 3 Tips Fotografi Cityscape dengan Smartphone

Dari Ahlinya, Ini 3 Tips Fotografi Cityscape dengan Smartphone

KEPONEWS.COM - Dari Ahlinya, Ini 3 Tips Fotografi Cityscape dengan Smartphone Contoh foto Cityscape. (unsplash.com/ Daniel Zacatenco) Mengabadikan pemandangan kota dalam sebuah foto atau sering disebut Cityscape jadi salah satu peredaran fotografi yang banyak diminati. Terlebi...
Loading...

Contoh foto Cityscape. (unsplash.com/ Daniel Zacatenco)

Mengabadikan pemandangan kota dalam sebuah foto atau sering disebut Cityscape jadi salah satu peredaran fotografi yang banyak diminati. Terlebih lagi mulai banyak orang membuat foto Cityscape dengan smartphone.

Namun bisakah membuat foto Cityscape dengan smartphone bukan dengan kamera profesional? Tentu saja bisa dong.

Menurut travel photographer Sukimin Thio, fotografi Cityscape cukup digemari karena mudah dan murah untuk dilakukan, serta bisa memakai alat yang 'seadanya', termasuk dengan memakai smartphone.

Kabar baiknya, Sukimin menyebarkan tips memotret obyek Cityscape dengan memakai smartphone, saat dirinya diundang menjadi pembicara dalam acara Next Image Masterclass yang diselenggarakan oleh Huawei Mobile Indonesia di Jakarta pada Sabtu (11/5/2019).

1. Kenali dasar-dasar fotografi

Uji cityscape para rekan wartawan di Jakarta, Sabtu (11/5/2019). [Tivan Rahmat]Uji cityscape para rekan wartawan di Jakarta, Sabtu (11/5/2019). [Tivan Rahmat]

Menurut Sukimin, hal mendasar yang wajib dikuasai oleh fotografer pemula, termasuk saat memotret Cityscape, merupakan memahami 'segitiga fotografi', yaitu mengatur ISO, aperture, dan shutter speed.

ISO mengatur cahaya, aperture berkaitan dengan diafragma (f) atau bukaan lensa, dan shutter speed untuk mengatur kecepatan lensa saat memotret.

Kalau ketiga unsur tersebut sudah dikuasai, maka hasil foto Cityscape yang diciduk akan mempunyai karakter tersendiri.

2. Perbanyak referensi

Hasil foto kamera realme 3 Pro ketika diuji pada Selasa malam (30/4/2019) di Jakarta. [Tivan Rahmat]Hasil foto kamera realme 3 Pro ketika diuji pada Selasa malam (30/4/2019) di Jakarta. [Tivan Rahmat]

Sebelum memotret landmark perkotaan, referensi foto Cityscape dari internet atau sosmed akan mempermudah fotografer untuk menentukan angle saat memotret.

"Saya biasanya lihat referensi foto cityscape sebelum memotret, biasanya dari Instagram atau Google Image. Referensi tersebut bukan untuk kita tiru, karena akan menjadi mainstream. Referensi itu justru akan memberikan kita sudut pandang yang berbeda saat melakukan pemotretan," kata Sukimin.

Satu hal lainnya yang perlu diketahui para fotografer smartphone amatir, merupakan garis obyek inti foto harus lurus.

"Paling penting ialah komposisi, garis obyek inti, misalnya gedung, dalam foto kita harus lurus. Soalnya, gedung yang kita lihat dengan mata sendiri kan lurus. Jadi kalau miring, pasti salah," imbuhnya.

3. Pakai lensa lebar

Travel photographer Sukimin Thio dalam acara Next Image Masterclass acara Next Image Masterclass. [Tivan Rahmat]

Inilah pelengkap tips fotografi cityscape dengan memakai smartphone. Usahakan smartphone yang digunakan saat memotret mempunyai fasilitas wide angle dengan ukuran lensa 16 mm.

"Pakai smartphone dengan lensa 16 mm, karena pasti punya fasilitas untuk membuat foto wide angle. Ini sangat berguna karena bisa membidik obyek luas dalam satu frame," tandasnya.

Itulah 3 tips foto Cityscape dengan smartphone oleh ahlinya. Mau coba juga? ( Tivan Rahmat).

Loading...

Comments