Dampak Kecelakaan Akibat ODOL Hantui Pengguna Jalan Tol

Otomotif

News / Otomotif

Dampak Kecelakaan Akibat ODOL Hantui Pengguna Jalan Tol

Dampak Kecelakaan Akibat ODOL Hantui Pengguna Jalan Tol

KEPONEWS.COM - Dampak Kecelakaan Akibat ODOL Hantui Pengguna Jalan Tol JAKARTA - Dampak dari ketidakpatuhan angkutan truk berupa Over Dimension dan Over Load (ODOL) berpengaruh besar pada tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan tol. Pengaruh secara teknis karena ODOL yan...

JAKARTA - Dampak dari ketidakpatuhan angkutan truk berupa Over Dimension dan Over Load (ODOL) berpengaruh besar pada tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan tol. Pengaruh secara teknis karena ODOL yang berujung pada insiden fatal pun beragam seperti underspeed, pecah ban, maupun rem blong.

Fenomena terjadinya underspeed sendiri bermula dari berat beban angkut kendaraan truk, mempengaruhi performa mesin. Akibatnya, kendaraan tidak bisa melaju pada batas kecepatan minimum di ruas jalan tol terutama pada kondisi permukaan jalan dengan kontur menanjak di beberapa titik.

Lalu lintas

Bahkan angka keterlibatan truk dalam kecelakaan di jalan tol karena kecepatan yang rendah ini, jadi yang paling mayoritas berdasarkan data Jasa Marga. "Rata-rata tabrak belakang ini mencapai 33 persen, karena kendaraan berjalan lambat sehingga ada gap kecepatan dengan kendaraan lain," ujar Traffic Management Department Head Jasa Marga, Atika Dara Prahita.

Sebagai pengelola ruas jalan tol di Tanah Air, PT Jasa Marga (Persero) melakukan pencegahan masuknya kendaraan muatan berlebih tersebut. Termasuk penerapan operasi penimbangan berat (Weight in Motion) di sejumlah titik pintu masuk ruas jalan tol di bawah Jasa Marga sebagai pengelola.

Selanjutnya

Comments