Dampak COVID-19, Peneliti Peringatkan 18 Ribu Orang Bisa Meninggal karena Kanker

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Dampak COVID-19, Peneliti Peringatkan 18 Ribu Orang Bisa Meninggal karena Kanker

Dampak COVID-19, Peneliti Peringatkan 18 Ribu Orang Bisa Meninggal karena Kanker

KEPONEWS.COM - Dampak COVID-19, Peneliti Peringatkan 18 Ribu Orang Bisa Meninggal karena Kanker Dampak dari pandemi virus corona COVID-19 bisa mempengaruhi banyak hal. Salah satunya pada jumlah kematian pasien kanker. Menurut hasil studi penelitian baru, pandemi COVID-19 bisa mengakibatkan terja...

Dampak dari pandemi virus corona COVID-19 bisa mempengaruhi banyak hal. Salah satunya pada jumlah kematian pasien kanker. Menurut hasil studi penelitian baru, pandemi COVID-19 bisa mengakibatkan terjadinya penundaan dalam mendiagnosis penyakit kanker baru.

Selain itu, pandemi COVID-19 membuat pasien kanker tertunda mendapatkan pengobatan. Hal ini bisa secara signifikan mempengaruhi kelangsungan hidup.

Mengacu pada hasil studi tersebut, para peneliti di Inggris memperingatkan sekira tahun depan, kurang lebih sebanyak 18.000 orang di Inggris bisa meninggal karena penyakit kanker, seperti dikutip Standard, Kamis (30/4/2020).

Studi penelitian dilakukan dengan memakai metode data real-time mingguan. Data dari rumah sakit untuk rujukan kanker, rujukan kanker mendesak dan kehadiran kemoterapi selama pandemi COVID-19 di Inggris.

Kemudian para peneliti menemukan, ternyata mayoritas pasien dengan kanker atau diduga kanker tidak mengakses layanan kesehatan.

Ilustrasi RS

Selanjutnya ketika secara spesifik meneliti area daerah Inggris dan Irlandia Utara, tim peneliti mendapati penurunan rata-rata kehadiran pasien untuk kemoterapi sebanyak 60 persen.

Sedangkan penurunan rata-rata sampai 76 persen untuk rujukan diagnosis dini untuk kanker di fasilitas kesehatan Leeds Teaching Hospitals NHS Trust, Royal Free di London dan University College London Hospitals, serta lima fasilitas kesehatan di Irlandia Utara.

Ketika melihat Inggris secara khusus menganalisis data dari lebih dari 3,5 juta pasien, para ahli memperkirakan bahwa sebelum pandemi COVID-19 sekitar 31.354 pasien kanker yang baru didiagnosis akan meninggal dalam waktu satu tahun di Inggris.

Tapi karena pandemi COVID-19, para peneliti menemukan mungkin setidaknya akan ada 6.270 kematian tambahan pada pasien kanker yang baru didiagnosis. Sementara para pasien yang sudah mengidap kanker sebelumnya, jumlahnya diperkirakan naik hingga 17.915 kematian.

(hel)

Comments