Dalami Musik Keroncong Bertahun-Tahun, Penyanyi Ini Ingin Kenalkan Keroncong ke Seluruh Dunia.

Music - Movies - TV

Updates / Music - Movies - TV

Dalami Musik Keroncong Bertahun-Tahun, Penyanyi Ini Ingin Kenalkan Keroncong ke Seluruh Dunia.

Dalami Musik Keroncong Bertahun-Tahun, Penyanyi Ini Ingin Kenalkan Keroncong ke Seluruh Dunia.

KEPONEWS.COM - Dalami Musik Keroncong Bertahun-Tahun, Penyanyi Ini Ingin Kenalkan Keroncong ke Seluruh Dunia. Nama Joana Sarah Pinontoan mungkin masih asing di indera pendengaran pecinta musik Indonesia. Pada tahun 2008, Joana pun merilis single bergenre Pop ke pasaran. Hasilnya bisa dibilang cukup memuaskan....

Nama Joana Sarah Pinontoan mungkin masih asing di indera pendengaran pecinta musik Indonesia. Pada tahun 2008, Joana pun merilis single bergenre Pop ke pasaran. Hasilnya bisa dibilang cukup memuaskan. Kini, Joana pun lebih memilih mendalami musik keroncong.

Kurang lebih delapan tahun belakangan, Joana bergulat di musik keroncong. Awalnya, ia hanya menjadi presenter dalam sebuah acara keroncong di TVRI. Seiring bergulirnya waktu, ia mulai tertarik dan mencoba mendalami musik keroncong hingga akhirnya jatuh cinta dengan musik tersebut.

"Karena sudah terlalu lama dan terbiasa dengan musik Keroncong, jadi saya sudah jatuh cinta dengan musik keroncong tentunya. Tidak menutup kemungkinan setelah menyelesaikan album Pop saya bisa ngeluarin album keroncong. Saya juga punya sahabat banyak di komunitas keroncong," ungkap Joana saat ditemui di Daerah Jakarta Selatan belum lama ini.

1. Belajar Teknik Bernyanyi

image

Kapanlagi/Matias Purwanto

Terjun ke musik keroncong, Joana harus juga belajar soal teknik bernyanyinya. Beruntung, pop dan keroncong tidak mempunyai karakter yang terlalu jauh dan berbeda untuk didalami.

"Kalau tekhnik menyanyi sama saja. Dari pernafasan sama. Tapi tekhnik menyanyi lagu keroncong dan pop beda. Kalau Pop mungkin vibranya sedikit dan tahan nadanya tidak panjang banyak dipenggal," katanya.

"Kalau keroncong kebanyakan vibranya panjang dan menjaga emosinya lebih hati-hati serta pakem lagunya keroncong sudah pasti, tidak bisa diapa-apain. Jadi lagu genre apa aja bisa diiringi musik Keroncong tapi tidak boleh keluar dari pakem keroncong," lanjutnya.

2. Kenalkan Keroncong Joana pun kini ingin makin memperluas sekan musik keroncong kepada anak muda atau milenial. Ia mengaku awalnya amat sulit memperkenalkan musik keroncong kepada anak muda. Namun, seiring berjalannya waktu, musik keroncong kini telah diterima oleh kalangan muda atau milenial. Ia pun berharap musik keroncong akan terdengar luas ke seluruh dunia.

"Seiring berjalannya waktu, akhirnya anak muda bangsa Indonesia sadar kita harus punya identitas dari sisi musik. Identitas bangsa banyak, karya saja contohnya Batik. Tarian ada, alam ada, atau kerajinan tangan. Musiknya apa nih ikon dan warisan leluhur budaya Indonesia? Apa lagi kalau bukan keroncong. Bagi saya, lebih tepatnya Keroncong Is The Music Of My Country," tuturnya.

"Sekarang saya ada project bersama salah satu seniman mau rekaman lagu keroncong. Tetap mengangkat Indonesia. Mau membawa atau mengharumkan nama bangsa lewat musik keroncong," tuntasnya.

(kpl/pur/frs)

Comments