Daftar Usaha yang Untung dan Buntung di Era New Normal

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Daftar Usaha yang Untung dan Buntung di Era New Normal

Daftar Usaha yang Untung dan Buntung di Era New Normal

KEPONEWS.COM - Daftar Usaha yang Untung dan Buntung di Era New Normal JAKARTA - Ketua Dewan Pakar Masyarakat Perikanan Nusantara (MPN) Rokhmin Dahuri mengatakan, di era new normal terdapat banyak sekali sektor sunrise alias berkembang maupun sektor sunset atau yang mere...

JAKARTA - Ketua Dewan Pakar Masyarakat Perikanan Nusantara (MPN) Rokhmin Dahuri mengatakan, di era new normal terdapat banyak sekali sektor sunrise alias berkembang maupun sektor sunset atau yang meredup. Sektor ini bisa menjadi indikator pengembangan usaha, baik yang untung dan menghindari yang buntung alias tidak untung.

Anak muda perlu mengetahui sektor sunrise maupun sunset agar mereka bisa memilih usaha yang akan mereka kembangkan. "Sektor yang sunrise atau berkembang antara lain sektor di bidang makanan dan minuman, e-commerce, telekomunikasi, logistik, dan online schooling," kata Rokhmin dalam Halal Bihalal Masyarakat Perikanan Nusantara, Kembali Fitri dengan Pesan yang tersirat di Balik Covid-19 secara daring, Sabtu (6/6/2020)

bisnis makanan

Sedangkan sektor usaha yang sunset alias buntung, antara lain hotel travel, bioskop, mall, property, mice. Selain memahami sektor yang surise dan sunset, pelaku usaha era new normal harus menguasai digital ekonomi.

"Kita harus mulai belajar, memahami, dan menguasi digital economy. Ini skill yang dibutuhkan saat ini," ujarnya.

Perlu Kecerdasan Buatan untuk Tingkatkan Hilirisasi Produk Perikanan di Tengah Covid-19

Di era new normal, lanjutnya, UMKM dan korporasi-korporasi besar harus mulai bekerja sama, saling tolong-menolong. Ini perlu dilakukan agar mengurangi kesenjangan ekonomi.

Ini Syarat Sektor Perikanan Jadi Core Ekonomi Menurut Ketua Dewan Pakar MPN

"Perlu diketahui Indonesia itu mengalami kesenjangan ekonomi nomor 4 di dunia. Padahal Islam sudah mengajarkan zakat, namun kurang diterapkan sepertinya," kata Rokhmin.

(rhs)

Comments