Daftar Pekerjaan yang Dapat Pengecualian dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Daftar Pekerjaan yang Dapat Pengecualian dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar

Daftar Pekerjaan yang Dapat Pengecualian dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar

KEPONEWS.COM - Daftar Pekerjaan yang Dapat Pengecualian dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar JAKARTA - Pemerintah telah mengatur perihal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). PSBB tertuang dalam Permenkes nomor 9 tahun 2020. PSBB diatur dalam Permenkes nomor 9 tahun 2020 wacana Pedoman PSP...

JAKARTA - Pemerintah telah mengatur perihal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). PSBB tertuang dalam Permenkes nomor 9 tahun 2020. PSBB diatur dalam Permenkes nomor 9 tahun 2020 wacana Pedoman PSPB dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI drg. Oscar Primadi, MPH mengatakan PSBB merupakan pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi Covid-19.

Pembatasan tersebut meliputi peliburan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, pembatasan kegiatan sosial budaya, pembatasan moda transportasi, dan pembatasan kegiatan lainnya khusus terkait aspek pertahanan dan keamanan, katanya dilansir dari laman Kemenkes, Minggu (5/4/2020).

Batasi Jabodetabek, BPTJ Rekomendasikan Hentikan Layanan Kereta Commuterline hingga Bus AKAP

Pada ayat 3 pasal 13, disebutkan jikalau ada 11 jenis pekerjaan yang mendapat pengecualian dalam pelaksanaan PSBB ini.

"Peliburan tempat kerja dikecualikan bagi kantor atau instansi strategis yang memberikan pelayanan terkait pertahanan dan keamanan, ketertiban umum, kebutuhan pangan, bahan bakar minyak dan gas, pelayanan kesehatan, perekonomian, keuangan, komunikasi, industri, ekspor dan impor, distribusi, logistik, dan kebutuhan dasar lainnya," bunyi aturan tersebut.

Terkait pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum sebagaimana, dilaksanakan dalam bentuk pembatasan jumlah orang dan pengaturan jarak orang. Terkecuali bagi, a) supermarket, minimarket, pasar, toko atau tempat penjualan obat-obatan dan peralatan medis kebutuhan pangan, barang kebutuhan pokok, barang penting, bahan bakar minyak, gas, dan energy, b) fasilitas pelayanan kesehatan atau fasilitas lain dalam rangka pemenuhan pelayanan kesehatan; dan c) tempat atau fasilitas umum untuk pemenuhan kebutuhan dasar penduduk lainnya termasuk kegiatan olah raga.

(wdi)

Comments