Daftar 7 Negara Terkecil di Dunia, Ada yang Luasnya Cuma Segini

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Daftar 7 Negara Terkecil di Dunia, Ada yang Luasnya Cuma Segini

Daftar 7 Negara Terkecil di Dunia, Ada yang Luasnya Cuma Segini

KEPONEWS.COM - Daftar 7 Negara Terkecil di Dunia, Ada yang Luasnya Cuma Segini Di dunia, terdapat beberapa negara dengan wilayah terkecil yang luasnya bahkan tidak seberapa dibanding luas Ibu Kota di Indonesia. Penasaran mana saja negara terkecil di dunia ini? Dilansir dari la...

Di dunia, terdapat beberapa negara dengan wilayah terkecil yang luasnya bahkan tidak seberapa dibanding luas Ibu Kota di Indonesia. Penasaran mana saja negara terkecil di dunia ini?

Dilansir dari laman Jagranjosh, berikut 7 negara terkecil di dunia berdasar luas wilayahnya

1. Vatikan

Luas wilayah: 0,44 km2

16 Fakta Unik Banyak sekali Negara di Dunia

Lokasi: Eropa

Populasi: 800 penduduk (2017)

Pohon Natal Vatikan, Roma. (Shutterstock)Pohon Natal Vatikan, Roma. (Shutterstock)

Negara terkecil di dunia ditempati oleh Kota Vatikan yang juga dikenal sebagai kota suci. Terletak di Roma, Italia, Vatikan menjadi pusat dari Gereja Katolik.

Bahkan, gereja terbesar di dunia St Peters Basilica ada di Vatikan. Selain itu, lukisan terkenal di dunia seperti The Pieta dan The Creation o f Adam juga dapat ditemukan di negara terkecil di dunia ini.

Keunikan Vatikan ialah tidak mempunyai warga negara tetap dan kewarganegaraan hanya diberikan kepada mereka yang bekerja di Vatikan serta anak-anak dan pasangannya. Status kewarganegaraan ini akan dicabut setelah mereka resmi berhenti bekerja.

6 Akademi Sepakbola Terbaik di Dunia yang Harus Kamu Tahu, Ada Ajax hingga Barcelona

2. Monako

Luas wilayah: 2,02 km2

Lokasi: Eropa Barat

Populasi: 38.036 (2017)

Meski Monako termasuk ke dalam salah satu negara terkecil di dunia, di sinilah para jutawan dan miliarder dunia tinggal. Wilayah Monako dikepung oleh Perancis dan sebagian lainnya menghadap laut Mediterania yang indah.

Ekonomi di Monako sangat bergantung pada pariwisata serta kasino di sana. Itulah mengapa, Monako dikenal sebagai salah satu negara perjudian dan barang-barang mewahnya. Acara tahunan populer di Monako merupakan Formula 1 Grand Prix race.

3. Nauru

Luas wilayah: 21 km2

Lokasi: Australia

Populasi: 10.308 (2017)

Terletak di sebelah timur dari Australia, Nauru menjadi negara kepulauan terkecil di dunia. Nauru merupakan republik independen dan satu-satunya negara tanpa ibu kota resmi.

Pulau ini juga dikenal sebagai pulau yang menunjukkan sesuatu hal yang menyenangkan. Sayangnya, penduduk di Nauru diisi dengan orang-orang paling gemuk di duni. Itulah mengapa naura merupakan wilayah dengan penderita diabetes tipe 2 tertinggi di dunia.

4. Tuvalu

Luas: 26 km2

Lokasi: Timur Laut Australia

Populasi: 9.981 (2017)

Tuvalu merupakan negara kepulauan dari Polinesia yang terletak di Samudera Pasifik, Timur Laut Australia. Negara kepulauan ini juga dikenal sebagai Pulau Ellice.

Sebelum memperoleh kemerdekaan pada tahun 1978, Tuvalu masih masuk di wilayah Inggris. Tuvalu beribukota di Funafuti yang menjadi satu-satunya tempat yang menyediakan akomodasi dan transportasi.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kiri), menempel ketat pesaingnya Fabio Quartararo (Yamaha Petronas SRT) yang memimpin balapan hampir di sepanjang lomba pada MotoGP San Marino 2019 di Sirkuit Misano, Minggu (15/9). [AFP/Marco Bertorello]Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kiri), menempel ketat pesaingnya Fabio Quartararo (Yamaha Petronas SRT) yang memimpin balapan hampir di sepanjang lomba pada MotoGP San Marino 2019 di Sirkuit Misano, Minggu (15/9). [AFP/Marco Bertorello]

5. San Marino

Luas: 61 km2

Lokasi: Eropa

Populasi: 32.131

Negara terkecil selanjutnya yang juga dikenal dengan sebutan The Most Serene Republic of San Marino ini merupakan negara berdaulat tertua yang masih ada di dunia. Meski wilayahnya kecil, San Marino mempunyai nilai PDB per kapita tertinggi di Eropa.

6. Liechtenstein

Luas: 160 km2

Lokasi: Antara Swiss dan Australia

Populasi: 38.022 (2017)

Negara terkecil di dunia nomor 6 ditempati oleh Liechtenstein dengan luas wilayah 160 km2. Sama seperti San Marino, meski luas wilayahnya kecil, Liechtenstein mempunyai PDB per kapita yang tinggi dengan angka pengangguran rendah.

Negara yang tidak mempunyai stasiun kereta api dan bandara ini juga menjadi satu-satunya negara di dunia yang sepenuhnya terletak di pegunungan Alpen.

7. Saint Kitts and Nevis

Luas: 261 km2

Lokasi: Amerika Utara

Populasi: 56.780 (2017)

Nama lengkap dari negara terkecil satu ini ialah Federation of Saint Christopher and Nevis dengan ibu kota Basseterre. Pada tahun 1983, Saint Kitts and Nevis mendapat kemerdekaan penuh dari Inggris.

Perekonomian negara terkecil di dunia ini tergantung pada pariwisata, pertanian, dan industri manufaktur kecil.

Comments