Cuma di Negara ini Ada Cacing Tanah Sepanjang 2 Meter

Unik

Ragam / Unik

Cuma di Negara ini Ada Cacing Tanah Sepanjang 2 Meter

Cuma di Negara ini Ada Cacing Tanah Sepanjang 2 Meter

KEPONEWS.COM - Cuma di Negara ini Ada Cacing Tanah Sepanjang 2 Meter Cacing tanah berukuran tak biasa ini pertama kali ditemukan oleh seorang surveyor di sekitar Warragul, Victoria, Australia, pada tahun 1870-an. Awalnya mereka mengira bahwa hewan tersebut ialah ular....


Cacing tanah berukuran tak biasa ini pertama kali ditemukan oleh seorang surveyor di sekitar Warragul, Victoria, Australia, pada tahun 1870-an. Awalnya mereka mengira bahwa hewan tersebut ialah ular.

Mereka kemudian mengirimkan hewan tersebut ke Direktur National Museum of Victoria, Proffesor Frederick McCoy, yang kemudian memastikan bahwa hewan tersebut merupakan cacing tanah dan menamainya Megascolides Australis. Nama umumnya ialah cacing tanah raksasa gipsland.

Sebelumnya pernah tercatat bahwa ada cacing tanah yang ditemukan di tempat yang sama panjangnya kurang lebih dua meter. Cacing tersebut dapat berkontraksi dan memanjang.

Meski ukurannya yang besar, cacing raksasa ini sangat sulit ditemukan. Hal ini dikarenakan tempat tinggal mereka yang jauh dari permukaan tanah dan kerap kali lubang-lubang mereka tertutup oleh air hujan.

Kisah Persahabatan Singa dengan Manusia

Cacing langka ini hanya ditemukan di Lembah Sungai Bass di selatan Gippsland, seluas sekitar 100.000 hektar yang dibatasi oleh kota-kota Loch, Korumburra dan Warragul.

Dikabarkan jumlah spesies dari cacing raksasa ini semakin menurun setiap tahunnya dikarenakan mulai maraknya pembangunan pemukiman. Bukan hanya itu, pertumbuhan cacing ini juga tergolong lambat dan tingkat reproduksinya yang rendah.

Kini cacing tanah raksasa gipsland ini termasuk dalam daftar hewan yang dilindungi di bawah Victorian Flora and Fauna Guarantee Act 1988.

Comments