Cukup tidur tapi masih mengantuk, yuk kenali gejala hipersomnia

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Cukup tidur tapi masih mengantuk, yuk kenali gejala hipersomnia

Cukup tidur tapi masih mengantuk, yuk kenali gejala hipersomnia

KEPONEWS.COM - Cukup tidur tapi masih mengantuk, yuk kenali gejala hipersomnia Tidur merupakan kebutuhan penting yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam setiap malam. Meski begitu, ada pula orang yang tetap mengantu...
Loading...

Tidur merupakan kebutuhan penting yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam setiap malam. Meski begitu, ada pula orang yang tetap mengantuk padahal sudah mendapatkan tidur yang cukup. Hal ini tentunya menjadi pertanyaan bukan? Bagaimana bisa tidur cukup namun pada pagi mata masih sulit untuk melek?

Salah satu gangguan yang terjadi pada saat tidur tidak banyak disadari orang, adalah hipersomnia. Dilansir dari liputan6.com, Jumat (12/7), hipersomnia ini lebih berbahaya karena bisa mengganggu kesehatan dan keselamatan jiwa.

"Penderita hipersomnia tidurnya sudah enak, rasanya dari malam sampai ya tidur. Tapi di pagi hari masih merasa ngantuk, siang hari kadang masih mengantuk. Produktivitas tentu terganggu, namun selain itu hipersomnia juga berbahaya untuk kesehatan dan keselamatan," kata praktisi kesehatan tidur di Snoring and Sleep Disorder Clinic, RS Mitra Keluarga Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RPSGT yang dilansir dari liputan6.com, Jumat (12/7).

Ada banyak gangguan tidur hipersomnia. Ia menerangkan di antaranya sleep apnea itu penyebab yang paling sering, narkolepsi, hingga behavior-induced insufficient sleep syndrome (BISS).

"Masih banyak yang belum tahu alasan mereka kenapa ngantuk. Orang Indonesia kalau ada gangguan pada kesehatannya, yang dipikirkan merupakan saya harus makan apa, saya harus olahraga apa, padahal bukan itu," tutur Andreas dalam talkshow gathering RS Mitra Keluarga ditulis Kamis (11/7/2019) di Jakarta.

Paradigma kesehatan modern, ada tiga faktor utama yang menentukan kesehatan manusia, adalah keseimbangan nutrisi, olahraga, dan yang menjadi dasar ialah kesehatan tidur.

"Mau diet bagaimana tidak bisa kurus, mau olahraga bagaimanapun tanpa kesehatan tidur salah-salah bisa kena serangan jantung," kata Andreas.

Dia menyarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan langkah yang tepat untuk menyembukan penyakit-penyakit gangguan tidur.

"Untuk penangganannya, pertama saya periksa dulu apa penyakit tidurnya. Setelah itu baru kita tentukan apa perawatannya," jelas Andreas.

Recommended By Editor Cukup tidur tapi masih mengantuk, yuk kenali gejala hipersomnia

Comments