Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar

Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar

KEPONEWS.COM - Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar Dalam bekerja, ada kalanya kamu akan bertemu dengan titik dimana kamu ingin berhenti. Biasanya, hal ini disebabkan oleh rasa ketidaknyamanan yang sudah tak bisa kamu toleransi. Rasa ketidaknyamanan in...
Loading...

Dalam bekerja, ada kalanya kamu akan bertemu dengan titik dimana kamu ingin berhenti. Biasanya, hal ini disebabkan oleh rasa ketidaknyamanan yang sudah tak bisa kamu toleransi.

Rasa ketidaknyamanan ini akan membuat kamu ingin mengundurkan diri dari tempat kerja.

Selain itu, pekerjaan yang tak sesuai dengan minat biasanya akan membuat kamu tertekan. Tekanan dan konflik yang muncul di tempat kerja akan membuat kamu merasa stress dan kamu pun ingin ingin mengundurkan diri dari tempat tersebut.

Di saat kamu telah memutuskan untuk berhenti dari instansi atau perusahaan tersebut, pastikan proses pengunduran diri sesuai dengan proses resign karyawan yang berlaku di perusahaan atau instansi tempat kamu bekerja.

Ketika ingin mengundurkan diri, agar terhormat dan sopan, kamu harus membuat surat pengunduran diri. Hal ini ialah sebuah keharusan dan bukan sekadar formalitas. Adanya surat pengunduran diri yang kamu buat merupakan wujud dari adab karyawan ataupun pegawai yang baik.

Berikut merupakan contoh surat pengunduran diri beserta cara membuatnya yang rangkum dari banyak sekali sumber, Jumat (8/11).

Manfaat surat pengunduran diri

Tentunya dalam membuat sesuatu pasti mempunyai tujuan. Begitupun dalam membuat surat pengunduran diri. Selain yang telah disebutkan di atas, surat pengunduran mempunyai beberapa manfaat lainnya.

Perlu diketahui, surat pengunduran diri atau surat resign merupakan sebuah jenis surat resmi yang berisi permohonan kepada atasan untuk berhenti dari pekerjaan. Ketika mengajukan surat ini, kamu harus memberikan alasan yang logis.

Dan yang tak boleh dilupakan serta paling utama ialah tidak menyinggung instansi atas keputusan kamu mengundurkan diri. Meskipun, alasan dari kamu mengundurkan diri ialah karena ketidakmampuan perusahaan dalam mewujudkan harapan pegawai.

Berikut ialah beberapa manfaat dari surat pengunduran diri:

1. Dinilai lebih profesional dan terhormat

Dengan mengundurkan diri secara resmi dan baik, maka perusahaan akan menilai kamu sebagai pribadi yang terhormat, sopan dan mempunyai tata krama. Beda halnya jikalau kamu pergi dari perusahaan tanpa pamit dan surat pengunduran diri maka kamu akan dianggap kabur.

2. Perusahaan mempunyai kesempatan untuk mencari pengganti

Biasanya, kamu akan mengajukan surat pengunduran diri sebelum waktu atau hari dimana kamu mulai berhenti kerja. Contohnya bila kamu ingin resign pada 8 November 2019, maka kamu mengajukan surat resign sebelum tanggal tersebut.

Hal ini perlu kamu lakukan untuk menghargai tempat kamu bekerja. Perusahaan tidak akan kewalahan dalam mencari pengganti untuk mengisi posisi kamu. Pekerjaan yang kamu tinggalkan pun tak akan terbengkalai. Dan kamu akan mendapat kesan yang baik.

3. Menentukan jelas atau tidaknya status seseorang dalam sebuah instansi atau perusahaan

Dengan memberikan surat pengunduran diri, perusahaan pun mempunyai data yang jelas akan pegawai atau karyawannya. Selain itu, status seseorang dalam perusahaan juga menjadi jelas.

4. Mengakhiri proses kamu dalam bekerja secara resmi

Pengajuan surat pengunduran diri menjadi proses akhir dari mengundurkan diri secara resmi. Setelahnya, kamu pun bisa mengundurkan diri dengan baik sesuai dengan waktu yang diajukan untuk mengundurkan diri dari perusahaan.

Cara membuat surat pengunduran diri

Surat pengunduran diri dibuat untuk memberikan kesan baik bagi kamu. Tentunya kamu tidak ingin dipandang buruk dan meninggalkan kesan negatif di tempat kerja sebelumnya.

Karena itu, dalam pembuatan surat resign kamu harus memperhatikan etika, dan bahasa formal yang baik. Berikut merupakan tips dan trik agar surat pengunduran diri untuk perusahaan diterima dengan baik.

1. Buatlah alasan berhenti bekerja yang baik, sopan, masuk akal dan tidak mencela rekan kerja atau perusahaan tempat kamu bekerja.

2. Sebaiknya isi surat dibuat to the point dan tidak bertele-tele. Sehingga perusahaan mengetahui isi surat resign dengan jelas.

3. Sampaikan permohonan maaf atas beberapa sikap dalam bekerja yang tidak profesional.

4. Berikan ucapan terima kasih kepada pimpinan perusahaan atau instansi.

5. Berikan doa yang baik untuk perusahaan.

Format surat pengunduran diri atau resign

Dalam pembuatan surat pengunduran diri tentunya tidak boleh dibuat dengan sembarangan. kamu harus memperhatikan bentuk atau format surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Untuk format surat resign sendiri sangatlah sederhana. Berikut ini merupakan poin-poin sederhana dalam membuat surat pengunduran diri:

Untuk waktu dan tempat surat resign biasanya di sebelah kanan atas tetapi bisa juga di kiri.

Isi surat pengunduran diri yang singkat dan jelas.

Nama dan alamat tujuan surat bisa ditulis di sebelah kiri atau kanan atas. Tetapi lebih disarankan di bagian kiri.

Berikan tanda tangan dan nama terang di bagian kiri atau kanan bawah.

Materai

Contoh surat pengunduran diri

contoh surat resign istimewa

foto: Instagram/@triasbogor

contoh surat resign istimewa

foto: Instagram/@handayani412.sh

reporter: mgg/Hameda Rachma

Recommended By Editor
Loading...

Comments