Cina Kirim Binatang dan Tumbuhan ke Bulan, Mau Bikin Apa?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Cina Kirim Binatang dan Tumbuhan ke Bulan, Mau Bikin Apa?

Cina Kirim Binatang dan Tumbuhan ke Bulan, Mau Bikin Apa?

KEPONEWS.COM - Cina Kirim Binatang dan Tumbuhan ke Bulan, Mau Bikin Apa? Ilustrasi misi ke Bulan. (SpaceX) Ekspedisi ke luar angkasa bukan didominasi Amerika Serikat dan Rusia saja, ada pula Cina yang ikut meramaikan. Bahkan Cina bawa binatang dan tumbuhan ke Bulan. Untuk...

Ilustrasi misi ke Bulan. (SpaceX)

Ekspedisi ke luar angkasa bukan didominasi Amerika Serikat dan Rusia saja, ada pula Cina yang ikut meramaikan. Bahkan Cina bawa binatang dan tumbuhan ke Bulan. Untuk apa?

Seperti dilansir dari Live Science dari Daily Telegraph, Cina berhasil mendaratkan sebuah wahana penelitian di sisi jauh bulan pada Kamis (3/1/2019).

Bersama dengan mendaratnya wahana penelitian tersebut, Cina bawa enam spesies hidup.

Debu di permukaan Bulan (NASA)Debu di permukaan Bulan (NASA)

Dalam sebuah tabung yang dirancang khusus, badan antariksa Cina memasukkan tumbuhan kapas, rapeseed, kentang, arabisdopsis, lalat buah, dan ragi.

Diketahui, Cina sedang bereksperimen memantik kehidupan di Bulan. Tumbuhan-tumbuhan yang dibawa ke Bulan diharapkan bisa menghasilkan oksigen yang akan dimanfaatkan oleh lalat buah untuk bernafas.

Lalu lalat buah akan menghasilkan kotoran dan karbon dioksida yang kemudian akan menyokong hidup tumbuh-tumbuhan itu di Bulan.

Ilustrasi Bulan. (pakutaso)Ilustrasi Bulan. (pakutaso)

Para ilmuwan Cina kemudian akan mengamati tumbuhan-tumbuhan itu secara seksama, untuk melihat apakah mereka berhasil berfotosintesis, tumbuh, dan berbunga di Bulan.

''Kami ingin mempelajari proses pernafasan dan fotosintesis di Bulan," jelas Xie Gengxin, kepala desainer eksperimen tersebut kepada kantor gosip Xinhua.

Eksperimen itu sendiri dirancang dan hasil kolaborasi dari 28 universitas di Cina. Kaleng tempat mahluk-mahluk Bumi itu disimpan terbuat dari campuran alumunium, berbobot sekitar 3 kilogram, dan bervolume 0,8 liter.

Di dalamnya telah tersedia tanah, nutrisi untuk tumbuhan, dan air. Sinar Matahari akan masuk ke dalam kaleng itu setelah disaring oleh sebuah pipa khusus.

Di dalam tabung itu juga terpasang beberapa kamera kecil, yang terhubung langsung ke Bumi.

''Mengapa kentang dan Arabidopsis? Karena periode pertumbuhan Arabidopsis singkat dan mudah diamati. Kentang sendiri bisa menjadi sumber makanan utama dalam perjalanan antariksa,'' jelas Liu Hanlong, direktur eksperimen dan wakil presiden Universitas Chongqing, salah satu kampus yang terlibat dalam riset tersebut.

"Eksperiman kami mungkin akan membantu menambah pengetahuan dalam pembangunan pangkalan dan pemukiman di Bulan," imbuh dia. (Liberty Jemadu).

Tulisan ini sudah dimuat di Suara dengan judul Cina Kirim Binatang dan Tumbuhan ke Bulan, Untuk Apa?

Comments