China Kecam Pernyataan Kelompok G7, Sebut Amerika Punya Niat Jahat

Internasional

News / Internasional

China Kecam Pernyataan Kelompok G7, Sebut Amerika Punya Niat Jahat

China Kecam Pernyataan Kelompok G7, Sebut Amerika Punya Niat Jahat

KEPONEWS.COM - China Kecam Pernyataan Kelompok G7, Sebut Amerika Punya Niat Jahat China mengecam pernyataan bersama para pemimpin G7 yang mengritik Beijing atas banyak sekali masalah, sebagai campur tangan kotor dalam urusan internal negara itu dan mendesak kelompok itu untuk berhe...

China mengecam pernyataan bersama para pemimpin G7 yang mengritik Beijing atas banyak sekali masalah, sebagai campur tangan kotor dalam urusan internal negara itu dan mendesak kelompok itu untuk berhenti memfitnah China.

Kedutaan China di London mengatakan pada Senin (14/6/2021) bahwa pihaknya sangat tidak puas dan dengan tegas menentang penyebutan Xinjiang, Hong Kong dan Taiwan yang mendistorsi fakta situasi dan mengungkap "niat jahat dari beberapa negara seperti Amerika Serikat".

Melansir Al Jazeera, pada Minggu (13/6/2021) para pemimpin G7 menyinggung soal hak asasi manusia di sebagian besar wilayah Muslim Xinjiang, menyerukan Hong Kong untuk menjaga otonomi tingkat tinggi, dan menggarisbawahi pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan semuanya merupakan isu sangat sensitif untuk Beijing.

Adu Mulut Soal Irlandia Utara di G7, Boris Johnson Sindir Wine Tua yang Dibawa Macron

Gubernur Tokyo Senang Para Pemimpin G7 Dukung Penyelenggaraan Olimpiade Jepang

Peta dunia para anggota G7.Peta dunia para anggota G7. (Istimewa)

Pandemi COVID-19 yang masih berkecamuk dan ekonomi global yang lesu, komunitas internasional membutuhkan persatuan dan kerja sama semua negara daripada politik kekuatan "klik" yang menabur perpecahan, kata kedutaan.

Ia menambahkan bahwa China merupakan negara cinta tenang yang menganjurkan kerja sama, tetapi juga mempunyai intinya.

"Urusan internal China tidak boleh diintervensi, reputasi China tidak boleh difitnah, dan kepentingan China tidak boleh dilanggar," tambahnya.

"Kami akan dengan tegas membela kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunan nasional kami, dan dengan tegas melawan semua jenis ketidakadilan dan pelanggaran yang dikenakan pada China."

Jelang Dua Juta Kasus Positif Covid-19, Indonesia Jadi Sorotan Media China dan Vietnam

China Peringatkan Negara G-7: Kelompok Kecil Tidak Menguasai Dunia

Melawan Tiongkok

Di lain pihak, pemerintah Taiwan menyambut baik pernyataan G7, dengan mengatakan pulau yang diklaim China akan menjadi "kekuatan untuk kebaikan" dan bahwa mereka akan terus mencari dukungan internasional yang lebih besar lagi.

Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan pernyataan yang dibagikan pada Minggu (13/6/2012) dari G7 merupakan langkah maju yang signifikan bagi kelompok itu ketika para pemimpin berkumpul di sekitar kebutuhan untuk "melawan dan bersaing" dengan China pada tantangan mulai dari menjaga demokrasi hingga perlombaan teknologi.

Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan berbicara kepada wartawan selama konferensi pers harian di Brady Press Briefing Room di Gedung Putih pada 07 Juni 2021 di Washington, DC. Sullivan menjawab pertanyaan tentang perjalanan mendatang Presiden Joe Biden ke Inggris dan Eropa untuk pertemuan ekonomi dan keamanan, termasuk pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Jenewa.Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan berbicara kepada wartawan selama konferensi pers harian di Brady Press Briefing Room di Gedung Putih pada 07 Juni 2021 di Washington, DC. Sullivan menjawab pertanyaan perihal perjalanan mendatang Presiden Joe Biden ke Inggris dan Eropa untuk pertemuan ekonomi dan keamanan, termasuk pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Jenewa. (Chip Somodevilla/Getty Images/AFP)

Comments