Chelsea Islan dan Sonia Wibisono Bagikan Tips Cegah Kanker Payudara

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Chelsea Islan dan Sonia Wibisono Bagikan Tips Cegah Kanker Payudara

Chelsea Islan dan Sonia Wibisono Bagikan Tips Cegah Kanker Payudara

KEPONEWS.COM - Chelsea Islan dan Sonia Wibisono Bagikan Tips Cegah Kanker Payudara Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker tertinggi yang mengancam nyawa perempuan. Dari dara GLOBOCAN yang dirilis tahun 2012, disebutkan insiden kanker payudara telah dialami oleh 38 dari 10...
Loading...

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker tertinggi yang mengancam nyawa perempuan. Dari dara GLOBOCAN yang dirilis tahun 2012, disebutkan insiden kanker payudara telah dialami oleh 38 dari 100.000 perempuan Indonesia.

Berdasarkan laporan World Health Organization (WHO) yang dipublikasikan pada 2018, dari populasi dunia, tercatat 6,6 persen pasien meninggal karena kanker payudara dan 11,6 persen terdeteksi sebagai kasus baru. Hal ini pun menjadi perhatian bagi artis Chelsea Islan.

Sebagai seorang anak dari survivor kanker payudara, Chelsea Islan mempunyai perhatian yang cukup tinggi pada penyakit tersebut. Untuk itu, dia menerapkan gaya hidup sehat demi mencegah kanker payudara.

Chelsea Islan menegaskan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara merupakan dengan rajin berolahraga, ringan maupun berat. Sedikitnya selama tiga jam per minggu.

Artis Indonesia

Sementara itu, dr Sonia Wibisono mengungkapkan kekhawatirannya melihat meningkatnya pasien penderita kanker payudara tahap lanjut di Indonesia. Menurutnya, kanker payudara masih bisa diobati kalau dapat dideteksi saat stadium awal.

Ia pun menyerukan pentingnya edukasi dan sosialisas deteksi dini kanker payudara kepada masyarakat secara masif.

Sangat baik apabila kita bisa meningkatkan pemahaman pentingnya mencegah dan melakukan deteksi dini secara reguler, ujar Sonia Wibisono dalam bincang santai menyambut bulan kepedulian kanker payudara Internasional di Jakarta baru-baru ini.

Dokter Sonia mewanti-wanti agar para perempuan Indonesia peduli terhadap kesehatan payudaranya. Berbeda dengan ibunda Chelsea Islan yang berhasil melawan kanker payudara, ibunda dr Sonia meninggal karena kanker payudara di usia ke-53 pada 1998.

"Padahal itu pun sudah dilakukan pemeriksaan payudaranya setahun sekali. Namun bisa jadi karena faktor genetik harus mengalami jenis kanker yang ganas sehingga beliau meninggal dunia karena rusaknya otot jantung karena kemoterapi," ungkap Sonia.

Selanjutnya
Loading...

Comments