Cerita Wisnu Arimbawa, Pria yang Minta Tiket Masuk Objek Wisata di Bali Digratiskan

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Cerita Wisnu Arimbawa, Pria yang Minta Tiket Masuk Objek Wisata di Bali Digratiskan

Cerita Wisnu Arimbawa, Pria yang Minta Tiket Masuk Objek Wisata di Bali Digratiskan

KEPONEWS.COM - Cerita Wisnu Arimbawa, Pria yang Minta Tiket Masuk Objek Wisata di Bali Digratiskan Menjelang dibukanya objek wisata di Pulau Dewata Bali pada Kamis 9 Juli 2020, sebuah video yang diunggah oleh akun Facebook Wisnu Arimbawa mendadak viral di sosmed. Dalam video tersebut, Wisnu yang di...

Menjelang dibukanya objek wisata di Pulau Dewata Bali pada Kamis 9 Juli 2020, sebuah video yang diunggah oleh akun Facebook Wisnu Arimbawa mendadak viral di sosmed. Dalam video tersebut, Wisnu yang diketahui merupakan salah satu pelaku pariwisata di Bali, menyarankan agar para pengelola objek wisata untuk menggratiskan tiket masuk kepada wisatawan lokal, khususnya warga Bali asli.

"Menyambut Bali dalam new normal, tanggal 9 Juli dijadwalkan semua objek wisata di Bali akan dibuka dan dikhususkan untuk turis lokal Bali. Melalui kesempatan ini saya mengusulkan kepada Pemerintah Daerah Bali dan pengelola objek wisata, agar masyarakat Bali tidak dikenakan tiket masuk utk menikmati objek2 tersebut. Make it free for Balinese, let's say sampai tgl 27 Juli 2020," kata Wisnu.

Wisnu

Lebih lanjut Wisnu mengatakan, bahwa taktik ini dimaksudkan untuk menstimulus aktivitas wisata, sehingga pergerakan ekonomi lokal di objek tersebut dapat kembali pulih. Selain itu juga ampuh untuk mempromosikan kembali objek-objek wisata yang sempat tutup karena Covid-19.

"Sebagai gantinya, tentu warga Bali yang berkunjung akan berkontribusi untuk pergerakan ekonomi masyarakat lokal di objek tersebut seperti wisata masakan, sekedar ngopi-ngopi, atau membeli oleh oleh warga lokal. Plus, di jaman digital ini, warga Bali akan berkesempatan mengabarkan positifnya kondisi pariwisata Bali ke seluruh dunia melalui kanal-kanal medsos," kata Wisnu.

"Saatnya warga Bali menjadi agen-agen marketing bagi destinasinya sendiri, sebelum tanggal 31 Juli dibuka untuk turis dalam negeri dan 11 September dibuka utk turis mancanegara. Semoga dapat dipenuhi usulan saya ini, semoga," tutup Wisnu.

Video Wisnu pun akhirnya viral dan mendapat banyak respons positif dari banyak sekali pihak, termasuk para pelaku wisata di Bali.

Untuk mengonfirmasi kelanjutan dari taktik tiket masuk gratis ini, Tim Okezone Lifestyle berhasil melakukan wawancara khusus dengan pria yang diketahui bernama lengkap I Dewa Gede Wisnu Arimbawa tersebut.

Spontanitas

Wisnu mengaku bahwa ide tiket gratis yang dia sampaikan pada video berdurasi kurang dari 4 menit itu sebetulnya hanya spontanitas semata.

"Jujur video itu spontanitas banget, dan saya tidak sangka bakal viral banget hari ini. Kebetulan, saya kemarin sembahyang di Tanah Lot, dan menyempatkan waktu untuk membuat video itu.

Wisnu mengatakan, semenjak lama sebagian objek wisata di Bali memang memungut biaya tiket masuk hingga biaya parkir kendaraan pribadi. Contohnya Pantai Pandawa, Jati Luwih, atau Pantai Melasti.

4 Pesona Angela Lorenza Model Cantik Keturunan Arab China Pakai Kaos Timnas

Hanya beberapa objek wisata seperti Pantai Kuta saja yang dibuka secara gratis untuk wisatawan.

"Selama ini, warga yang mempunyai KTP Bali kan tetap dipungut biaya tiket masuk. Saya paham, biaya itu memang untuk keperluan operasional dan maintenance. Tapi anggaplah ini sebagai reward kepada masyarakat Bali karena sudah mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Pak Jokowi kan sebelumnya sudah memuji kedisiplinan warga Bali dalam menanggapi pandemi Covid-19," ungkapnya.

Selanjutnya

Comments