Cek Tekanan Darah Tak Bisa Dilakukan Sembarangan, Ini Cara yang Benar

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Cek Tekanan Darah Tak Bisa Dilakukan Sembarangan, Ini Cara yang Benar

Cek Tekanan Darah Tak Bisa Dilakukan Sembarangan, Ini Cara yang Benar

KEPONEWS.COM - Cek Tekanan Darah Tak Bisa Dilakukan Sembarangan, Ini Cara yang Benar TEKANAN darah tinggi atau hipertensi menjadi penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini sebenarnya dapat dicegah dengan melakukan deteksi dini, namun cara pemeriksaann...
Loading...

TEKANAN darah tinggi atau hipertensi menjadi penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini sebenarnya dapat dicegah dengan melakukan deteksi dini, namun cara pemeriksaannya pun tidaklah sembarangan.

Sebagian besar orang awam biasanya akan memeriksakan tekanan darahnya secara spontan, tanpa memikirkan kondisi tertentu. Tapi untuk mendapatkan hasil yang akurat, pemeriksaan darah mempunyai waktu yang ideal.

Dokter Spesialis Ginjal, dr. Tunggul D. Situmorang, SpPD-KGH mengatakan, pengecekan tekanan darah paling baik untuk dilakukan pada pagi hari. Selain itu orang yang diperiksa pun harus dalam kondisi rileks untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Selain itu orang yang diperiksa pun harus dalam kondisi rileks untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Lakukan pemeriksaan setelah kencing dan pastikan sedang dalam kondisi santai atau tidak berdegup kencang, terang dr. Tunggul dalam acara Kendalikan Hipertensi, Sayangi Ginjalmu, Kamis (27/10/2019).

Lebih lanjut dr. Tunggul mengatakan, seringkali hasil pemeriksaan menjadi tidak akurat karena kondisi pasien yang tidak baik. Setidaknya diharapkan waktu selama 30 menit untuk mendapatkan kondisi rileks sebelum diperiksa.

Selanjutnya
Loading...

Comments