CEK FAKTA: Sempat Viral, Benarkah RS Omni Pulomas Terendam Banjir?

Trending

Fun / Trending

CEK FAKTA: Sempat Viral, Benarkah RS Omni Pulomas Terendam Banjir?

CEK FAKTA: Sempat Viral, Benarkah RS Omni Pulomas Terendam Banjir?

KEPONEWS.COM - CEK FAKTA: Sempat Viral, Benarkah RS Omni Pulomas Terendam Banjir? Sempat viral di sosmed foto Rumah Sakit Omni Pulomas, Jakarta Timur terendam banjir. Foto ini beredar dengan mengklaim menampilkan suasana banjir di dalam RS Omni Pulomas. Salah satu yang menyebarkan...
Loading...

Sempat viral di sosmed foto Rumah Sakit Omni Pulomas, Jakarta Timur terendam banjir. Foto ini beredar dengan mengklaim menampilkan suasana banjir di dalam RS Omni Pulomas.

Salah satu yang menyebarkan foto tersebut merupakan akun Twitter @MustEkeph. Postingan tersebut viral di sosmed saat Banjir Jakarta yang terjadi akhir bulan Februari 2020.

Dalam foto tersebut tampak seorang pasien yang memakai infus dan baju oranye menaikkan kakinya agar tidak basah kena air.

Sementara itu, seorang pasien lain duduk di kursi roda. Tinggi genangan air sampai menyentuh telapak kaki pasien tersebut. Belakangan, unggahan @MustEkeph ini telah dihapus.

Akun Twitter @MustEkeph memberi narasi: "Omni Pulomas...(emotikon)...sak no"

CEK FAKTA, unggahan yang mengklaim RS Omni Pulomas terendam banjir (twitter)CEK FAKTA, unggahan yang mengklaim RS Omni Pulomas terendam banjir (twitter)

Benarkah RS Omni Pulomas terendam banjir?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran dan cek fakta , foto viral yang mengklaim bahwa RS Omni Pulomas kebanjiran ialah salah. Foto tersebut dibantak oleh dokter yang bekerja di sana.

Dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD membantah bahwa foto viral tersebut merupakan kondisi RS Omni Pulomas.

Melalui cuitan yang diunggahnya pada Selasa (25/2/2020) siang, Dokter Spesialis Penyakit Dalam ini memaparkan bahwa dirinya baru saja berada di rumah sakit tersebut. Air hanya mencapai jalanan dan tidak masuk ruangan rumah sakit.

Penjelasan dokter di RS Omni Pulomas (twitter/dirgarambe)Penjelasan dokter di RS Omni Pulomas (twitter/dirgarambe)

"Ini BUKAN Omni Hospitals Pulomas. Saya baru saja dari sana. Air tidak masuk RS, hanya sampai jalanan depan RS. Kamu jangan menyebar hoax," cuit Dirga yang membalas unggahan akun @MustEkeph.

Dirga juga menunjukkan foto kondisi RS Omni Pulomas yang memang tidak kebanjiran. Penjelasan Dirga ini lantas dibagikan ulang oleh politikus Partai Demokrat Zara Zettira ZR.

Dalam unggahan tersebut, Zara menunjukkan klaim dari @MustEkeph dan penjelasan Dirga.

Penjelasan cek fakta, atas klaim foto RS Omni Pulomas terendam banjir (twitter/zarazettirazr)Penjelasan cek fakta, atas klaim foto RS Omni Pulomas terendam banjir (twitter/zarazettirazr)

Sementara itu, dalam unggahan warganet lain, foto yang diunggah @MustEkeph juga diklaim merupakan kondisi banjir di RS PGI Cikini, Jakarta Pusat.

Namun klaim itu juga tidak benar. Berdasarkan penjelasan pihak RS PGI Cikini tidak terjadi banjir di sana.

Konfirmasi ini dimuat dalam situs kumparan.com dengan judul "Hoaxbuster: RS PGI Cikini Tidak Banjir" yang diterbitkan pada Selasa, 25 Februari 2020.

RS PGI Cikini tidak terkena banjir (kumparan.com)RS PGI Cikini tidak terkena banjir (kumparan.com)

Berikut ini kutipan beritanya:

Sebuah foto yang menyebutkan RS PGI Cikini, Jakarta Pusat, banjir beredar di grup WhatsApp dan sosmed. Dalam foto itu terlihat ruangan yang tergenang banjir sekitar 10 cm, ada juga seseorang berbaju oranye yang sedang diinfus dalam posisi duduk di kursi. Di seberangnya duduk seorang pria.

kumparan mengkonfirmasi hal ini ke RS PGI Cikini dan mereka mengatakan foto tersebut bukanlah di rumah sakit mereka.

"Perlu kami beritahu bahwa gambar tersebut bukanlah kondisi atau keadaan di RS PGI Cikini," kata Humas RS PGI Cikini, Amelia Nanlohy, kepada kumparan, Selasa (25/2).

Sebelumnya pada Minggu (23/2) Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), yang lokasinya tidak jauh dari RS PGI Cikini, tak luput dari banjir. Ruang inap dan ruang radiologi dan alat-alat radiologi dan radioterapi sempat terendam air.

Kesimpulan

Narasi yang diberikan pada foto viral tersebut tidak menyokong konten. Alasannya adalah, tidak benar bahwa RS Omni Pulomas maupun RS PGI Cikini terendam banjir.

Jadi, konten yang disebarkan oleh akun Twitter @MustEkeph termasuk dalam Keterkaitan yang Salah.

Itulah hasil cek fakta foto yang viral di sosmed yang mengklaim RS Omni Pulomas banjir, ternyata tidak benar. ( Rifan Aditya).

Referensi

https://twitter.com/zarazettirazr/status/1232181992776617985

https://twitter.com/dirgarambe/status/1232180597789011968

https://kumparan.com/kumparannews/hoaxbuster-rs-pgi-cikini-tidak-banjir-1suMkzF4XWy

Comments