Cek Fakta, Pakai Masker Sebabkan Pneumonia?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Cek Fakta, Pakai Masker Sebabkan Pneumonia?

Cek Fakta, Pakai Masker Sebabkan Pneumonia?

KEPONEWS.COM - Cek Fakta, Pakai Masker Sebabkan Pneumonia? Beredar kabar di sosmed wacana penggunaan masker dianggap berbahaya karena menyebabkan bakteri pneumonia. Berita tersebut pertama kali menyebar di Facebook. Suatu gambar yang dibagikan pada 20 Februar...

Beredar kabar di sosmed wacana penggunaan masker dianggap berbahaya karena menyebabkan bakteri pneumonia. Berita tersebut pertama kali menyebar di Facebook.

Suatu gambar yang dibagikan pada 20 Februari 2021 memperlihatkan paru-paru berwarna oranye dengan keterangan bertuliskan,

"By wearing a mask ... you're inhaling it all back in, causing infections like bacterial pneumonia and hypoxia" yang artinya, "Dengan memakai masker ... Kamu menghirup semuanya kembali, menyebabkan infeksi seperti pneumonia bakterial dan hipoksia."

Pneumonia

Benarkah berita tersebut bahwa penggunaan masker bisa menyebabkan seseorang mengalami pneumonia karena masukknya bakteri yang terkandung di dalam masker?

"Bakteri dan mikroorganisme lainnya yang biasanya ada dalam napas atau keringat dapat terkumpul memang di masker, tetapi tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan selama masker digunakan dengan benar," kata dr Emad El-Omar, profesor kedokteran di Sekolah Klinis Dt George dan Sutherland UNSW Australia, dikutip dai USA Today.

Lebih lanjut, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat memaparkan bahwa pneumonia bakteri sendiri disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae dan lebih sering terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah di mana mereka sedikit mendapatkan vaksin pneumokokus.

Waspadai Pneumonia, Infeksi Paru yang Ditandai Sering Merasa Lelah

Gaya Amanda Manopo Naik Moge Bikin Netizen Syok: Bu Bos Gagah

Comments