CEK FAKTA: Benarkan Dokter Israel Sembuhkan 427 Pasien Virus Corona China?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

CEK FAKTA: Benarkan Dokter Israel Sembuhkan 427 Pasien Virus Corona China?

CEK FAKTA: Benarkan Dokter Israel Sembuhkan 427 Pasien Virus Corona China?

KEPONEWS.COM - CEK FAKTA: Benarkan Dokter Israel Sembuhkan 427 Pasien Virus Corona China? Cek Fakta Dokter Israel Berhasil Sembuhkan 427 Pasien Virus Corona China? (turnbackhoax.id) Beredar sebuah konten di sosmed yang mengklaim dokter Israel telah membantu China dalam menyembuhkan pasien...

Cek Fakta Dokter Israel Berhasil Sembuhkan 427 Pasien Virus Corona China? (turnbackhoax.id)

Beredar sebuah konten di sosmed yang mengklaim dokter Israel telah membantu China dalam menyembuhkan pasien virus corona.

Konten yang telah beredar di sosmed tersebut dipostingkan oleh akun Facebook bernama Sintikhe Lily.

Dalam postingannya, diklaim Israel memakai vaksin buatan mereka dan berhasil menyembuhkan 427 pasien.

Akun Facebook tersebut menyebutkan kerjasama antara Israel dan China menjadi solusi dalam memerangi wabah mematikan ini.

Akun tersebut juga mengunggah beberapa foto dokter sedang melakukan tindakan medis terhadap seorang pasien.

Berikut narasi yang dituliskan dalam akun tersebut:

Dokter Israel bantu RRC ttg wabah virus corona 427 orang dengan percobaan vaksin produk dr Israel dinyatakan sembuh Puji Tuhan. Kerjasama Dr.Israel dan Dr.China ada solusi mengentaskan wabah berbahaya.

Hingga Senin (10/2/2020) pukul 14.17, unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak 721 kali cdan ditanggapi sebanyak 268 orang.

Lantas, benarkah unggahan akun tersebut?

Penjelasan

Berdasarkan hasil cek fakta tim turnbackhoax.id jaringan Suara.com, Selasa (11/2/2020), unggahan tersebut tidak benar. Akun tersebut mengunggah foto yang tidak berhubungan dengan narasi.

Foto pertama yang digunakan oleh akun tersebut diambil pada 8 November 2013. Saat itu, tim dokter Israel Defence Forces (IDF) sedang melakukan tindakan medis terhadap para korban topan Haiyan di Filipina.

Foto tersebut ditemukan dalam galeri foto IDF di Flickr. Foto tersebut juga dicantumkan dalam isu di laman resmi IDF dengan berita berjudul '5 Ways IDF Keeps Soldiers and Civilians Healthy'.

Dokter Israel Berhasil Sembuhkan 427 Pasien Virus Corona China? (turnbackhoax.id)Dokter Israel Berhasil Sembuhkan 427 Pasien Virus Corona China? (turnbackhoax.id)

Sementara itu, pada foto kedua yang diunggah oleh akun tersebut juga tidak benar. Dalam foto tersebut tampak seorang petugas medis mengenakan hazard sedang menangani seorang pasien.

Faktanya, foto tersebut merupakan dokter China yang sedang menangani pasien virus corona di Rumah Sakit Zhongnan, Wuhan, Provinsi hubei.

Foto tersebut dimuat dalam portal isu South China Morning Post dengan tajuk 'Chinese Tech Firms Pledge Millions to Help Fight Wuhan Coronavirus as Telemedicine Services Surge in Popularity'.

Dokter Israel Berhasil Sembuhkan 427 Pasien Virus Corona China? (turnbackhoax.id)Dokter Israel Berhasil Sembuhkan 427 Pasien Virus Corona China? (turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, foto-foto yang diunggah oleh akun tersebut tidak menyokong klaim unggahan. Ada perbedaan tempat dan waktu kejadian antara foto yang diunggah.

Oleh karena itu, unggahan tersebut masuk dalam kategori konten yang salah atau False Content.

Itulah hasil cek fakta pada konten yang mengklaim dokter Israel telah sukses bantu China sembuhkan pasien virus corona yang ternyata salah. ( Chyntia Sami Bhayangkara).

Comments