CEK FAKTA: Benarkah Wapres Sebut Nonton Konser Pahalanya Melebihi Berpuasa?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

CEK FAKTA: Benarkah Wapres Sebut Nonton Konser Pahalanya Melebihi Berpuasa?

CEK FAKTA: Benarkah Wapres Sebut Nonton Konser Pahalanya Melebihi Berpuasa?

KEPONEWS.COM - CEK FAKTA: Benarkah Wapres Sebut Nonton Konser Pahalanya Melebihi Berpuasa? Cek Fakta Berita soal klaim Wapres Maruf Amin. (Turnbackhoax.id) Beredar postingan di sosmed yang memberikan tangkapan layar dari berita berjudul "Wapres Tidak Masalah Konser Di Bulan Ramadhan Malah...

Cek Fakta Berita soal klaim Wapres Maruf Amin. (Turnbackhoax.id)

Beredar postingan di sosmed yang memberikan tangkapan layar dari berita berjudul "Wapres Tidak Masalah Konser Di Bulan Ramadhan Malah Kamu Ikut Nonton & Ikut Berdonasi Pahalanya Melebihi Berpuasa".

Potongan isu itu diunggah oleh sebuah akun Facebook Putra Inka ke grup INDONESIAN BERSUARA dengan narasi keterangan foto sebagai berikut:

"Ini Menari Di Atas Luka Rakyat Mbah Amin Di Lockdown Rakyat Patuh,Rakyat Suruh Di Rumah Saja Rakyat Nurut,Di Suruh Ndak Mudik Rakyatpun Nurut,Di Suruh Ibadah Di Rumah Jg Nurut,Lha Ini Bertajuk Konser Tanggal 23 mei Tapi Sebenarnya Mereka Merayakan ULTAH PKI Yg ke 100.
Saya Mbah 7 turunan ndak Sudi Nonton Dan Berdonasi Di Konser PKI Ke 100."

Cek Fakta klaim wapres Maruf Amin soal konser dibolehkan saat Ramadan. (Turnbackhoax.id)Cek Fakta klaim wapres Maruf Amin soal konser dibolehkan saat Ramadan. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah Wapres Maruf Amin menyebut bahwa tak masalah mengadakan konser di bulan Ramadan, dan menyebut bahwa yang ikut menonton dan berdonasi pahalanya melebihi puasa?

Penjelasan

Berasarkan cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id jaringan Suara, klaim bahwa ada berita berjudul "Wapres Tidak Masalah Konser Di Bulan Ramadhan Malah Kamu Ikut Nonton & Ikut Berdonasi Pahalanya Melebihi Berpuasa" merupakan klaim yang salah.

Berdasarkan berita yang dihimpun, gambar tangkapan layar berita isu itu merupakan hasil suntingan atau manipulasi.

Berita yang sebenarnya ialah berjudul "Wapres Menyayangkan Khofifah Mengizinkan Salat Idulfitri Berjemaah di Masjid" yang dimuat di situs informasi JPNN.com pada Senin, 18 Mei 2018.

Berita tersebut berisi perihal permintaan Wakil Presiden Maruf Amin kepada semua kepala daerah agar memenuhi aturan dan imbauan pemerintah pusat dalam penyelenggaraan kegiatan keagamaan di tempat ibadah.

Termasuk pelaksanaan salat Idul Fitri pada 24 Mei mendatang.

Cek Fakta Artikel soal klaim Wapres Maruf Amin. (Turnbackhoax.id)Cek Fakta Berita soal klaim Wapres Maruf Amin. (Turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Cek fakta pada berita yang memuat klaim Wakil Presiden Maruf Amin dengan judul "Wapres Tidak Masalah Konser Di Bulan Ramadhan Malah Kamu Ikut Nonton & Ikut Berdonasi Pahalanya Melebihi Berpuasa" merupakan klaim yang salah. Unggahan tersebut merupakan hasil manipulasi yang masuk dalam kategori hoax. ( Farah Nabilla).

Comments