CEK FAKTA: Benarkah Tisu Basah Bisa Jadi Alternatif Ketika Masker Langka?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

CEK FAKTA: Benarkah Tisu Basah Bisa Jadi Alternatif Ketika Masker Langka?

CEK FAKTA: Benarkah Tisu Basah Bisa Jadi Alternatif Ketika Masker Langka?

KEPONEWS.COM - CEK FAKTA: Benarkah Tisu Basah Bisa Jadi Alternatif Ketika Masker Langka? Beredar sebuah konten yang mengklaim kalau tisu basah bisa menjadi alternatif dari masker ketika terjadi kelangkaan. Bahkan lengkap konten ini berisi video tutorial membuatnya. Persediaan masker keseh...

Beredar sebuah konten yang mengklaim kalau tisu basah bisa menjadi alternatif dari masker ketika terjadi kelangkaan. Bahkan lengkap konten ini berisi video tutorial membuatnya.

Persediaan masker kesehatan menipis bahkan harganya di pasaran ikut melambung semenjak virus corona mewabah. Bersamaan dengan itu, beredar video orang yang menunjukkan cara membuat masker alternatif dari tisu basah.

Salah satu videonya diunggah oleh akun Instagram @jakarta.coverbothside pada Senin, 2 Maret 2020. Dalam unggahan itu diberikan narasi sebagai berikut.

"Alternatif menyiasati kelangkaan masker terkait virus Corona. Tetap tenang. Jgn panik. Jaga kebersihan. Ikutin instruksi pemerintah!"

Video yang diunggah @jakarta.coverbothside memperlihatkan seorang wanita membuat masker alterntif dari tisu basah.

Cek Fakta, viral video tisu basah jadi alternatif masker (turnbackhoax.id)Cek Fakta, viral video tisu basah jadi alternatif masker (turnbackhoax.id)

Wanita itu menggunting bagian sisi tisu untuk digunakan cantolan ke indera pendengaran. Saat tangkapan layar ini diambil, video tersebut telah disaksikan 982 kali.

Benarkah tisu basah jadi alternatif menyiasati kelangkaan masker?

Penjelasan

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran turnbackhoax.id, Rabu (4/3/2020), tisu basah dijadikan pengganti masker di tengah kelangkaan masker karena virus Corona merupakan hal yang keliru dan tidak dianjurkan oleh para ahli medis.

Kepala Bagian Pelayanan Masyarakat Biro Komunikasi Kemenkes RI Busroni memaparkan bahwa penggunaan tisu basah justru akan mempermudah partikel-partikel di udara menempel pada bagian kulit yang dengan tidak sengaja bisa terhirup.

Pernyataan Busroni ini dimuat situs medcom.id dalam berita berjudul "[Cek Fakta] Benarkah Tisu Basah Dapat Mengganti Fungsi Masker untuk Mencegah Virus Korona? Ini Faktanya" yang dimuat pada Selasa (3/3/2020).

Penjelasan Kemenkes soal tisu basah jadi alternatif masker (turnbackhoax.id)Penjelasan Kemenkes soal tisu basah jadi alternatif masker (turnbackhoax.id)

"Tisu basah didesain bukan untuk masker, tapi didesain untuk membasahi bagian tubuh yang rentan terkontaminasi. Itu kan ada alkoholnya, lengket terhadap partikel-partikel yang berterbangan di udara, malah bisa terhirup sama kita. Dianjurkan memakai masker bedah biasa," kata Busroni.

Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Achmad Yurianto juga memberikan anjuran yang sama.

Ia mengatakan, "Tisu basah kena debu malah nempel semua debunya di tisu, kan itu basah luar dalam".

Yuri menegaskan, kalau memang masyarakat sekadar membutuhkan benda yang bisa menutupi debu, tisu basah memang bisa, tapi bukan digunakan untuk jadi masker.

"Kalau sekadar bisa, ya, memang bisa. Kertas juga bisa," tandas Yuri.

Dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Indriati Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Chrisrianto Edy Nugroho juga tidak direkomendasikan tisu basah untuk menjadi pengganti masker.

Penjelasan Chrisrianto ini dimuat dalam berita di fame.grid.id bertajuk "Informasi Virus Corona Terbaru: Viral Tisu Basah Gantikan Masker Untuk Cegah Virus Corona, Ternyata Ini Dampaknya Menurut Dokter Spesialis Paru", Selasa 3 Maret 2020.

Penjelasan dokter paru soal tisu basah jadi alternatif masker (turnbackhoax.id)Penjelasan dokter paru soal tisu basah jadi alternatif masker (turnbackhoax.id)

"Untuk tisu basah (dijadikan masker) belum ada penelitiannya, jadi tidak direkomendasikan. Yang direkomendasikan hanya masker bedah dan masker N95," ujarnya.

Chrisrianto juga mengungkapkan penggunaan masker harus diperhatikan dengan benar. Hal ini untuk memaksimalkan fungsi masker sebagai penyaring udara.

"Masker bedah pemakaiannya yang benar, yang berwarna hijau atau biru posisinya di luar, yang putih di dalam," ujarnya.

Kesimpulan

Berita dari video yang mengklim bahwa tisu basah dapat menjadi alternatif masker ialah keliru, berdasarkan keterangan para dokter.

Jadi, hasi cek fakta berita tersebut termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan atau Misleading Content. ( Rifan Aditya).

Referensi

https://www.instagram.com/p/B9OfET8JHH2/

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/0kp07ALk-cek-fakta-benarkah-tisu-basah-dapat-mengganti-fungsi-masker-ini-faktanya

https://fame.grid.id/read/462047204/berita-virus-corona-terbaru-viral-tisu-basah-gantikan-masker-untuk-cegah-virus-corona-ternyata-ini-dampaknya-menurut-dokter-spesialis-paru?page=all

Comments