CEK FAKTA: Benarkah PS5 Bisa Digunakan Menambang Koin Kripto?

Games

Updates / Games

CEK FAKTA: Benarkah PS5 Bisa Digunakan Menambang Koin Kripto?

CEK FAKTA: Benarkah PS5 Bisa Digunakan Menambang Koin Kripto?

KEPONEWS.COM - CEK FAKTA: Benarkah PS5 Bisa Digunakan Menambang Koin Kripto? PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation) Beredar tangkapan layar yang mengklaim kalau konsol game PlayStation 5 atau PS5 bisa digunakan untuk melakukan penambangan uang atau koin kripto. Bahkan mempunyai...

PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)

Beredar tangkapan layar yang mengklaim kalau konsol game PlayStation 5 atau PS5 bisa digunakan untuk melakukan penambangan uang atau koin kripto. Bahkan mempunyai performa yang cukup tinggi.

Tangkapan layar ini beredar melalui weibo dengan watermark bertandakan @RacingSence. Gambar tersebut sempat ramai dan beredar di sosmed hingga dimuat sejumlah media.

Terlihat tangkapan layar ini memakai tulisan berbahasa China dengan menampilkan kemampuan GPU dari PS5 yang bisa menghasilkan 98,75 MH/s (satuan kemampuan komputasi untuk penambangan koin kripto).

Gambar ini juga mengklaim kalau angka tersebut dihasilkan ketika melakukan penambangan koin kripto Ethereum atau ETH. Jenis cryptocurrency lainnya yang tidak kalah populer dari Bitcoin.

Terlihat pula dalam potret tersebut, kalau dengan GPU PS5 ini, bisa menghasilkan performa setinggi itu hanya dengan konsumsi daya 211 watt saja dalam penambangan.

PlayStation 5 diklaim bisa untuk penambangan koin kripto. (Weibo)PlayStation 5 diklaim bisa untuk penambangan koin kripto. (Weibo)

Benarkah foto tersebut asli menunjukkan pemakaian konsol game PlayStation 5 bisa digunakan untuk penambangan koin kripto jenis Ethereum seperti yang diklaim?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran cek fakta tim HiTekno.com, kabar konsol game PS5 digunakan untuk penambangan koin kripto ini tidak benar.

Ditelusuri dalam tangkapan layar tersebut menampilkan sebuah QR Code di sisi kiri bawah. Yang setelah di scan berisi sebuah pesan dalam bahasa China.

Jikalau diterjemahkan, pesan tersebut berisi tidak ada software seperti ini dan hanya untuk hiburan belaka. "There is no such software for entertainment hahaha" hasil transate ke bahasa Inggris.

CEK FAKTA: benarkah PlayStation 5 bisa untuk penambangan koin kripto. CEK FAKTA: benarkah PlayStation 5 bisa untuk penambangan koin kripto.

Data ini diperkuat dengan laporan Tweaktown yang mendapati kalau PS5 yang diretas untukmenghasilkan performa komputasi sampai 99 MH/s dengan konsumsi daya 211 watt tidaklah benar.

Dalam laporannya, Tweaktown membandingkan GPU tersebut sama-samamenggunakan arsitektur RDNA2 yang digunakan AMD Radeon RX 6000 series. Untuk AMD Radeon RX 6800 XT dan AMD Radeon RX 6900 XT tidak bisa melampaui 60 MH/s.

Untuk performa, AMD Radeon RX 6800 XT dan AMD Radeon RX 6900 XT juga mempunyai teknologi Cache Infinity yang tidak terdapat pada GPU konsol gamemilik Sony tersebut.

Sehingga tidak memungkinkan kalau kustom GPU PlayStation 5 akan menghasilkan performa komputasi dalam penambangan koin kripto melebihi dua kartu grafis kelas atas tersebut.

Kesimpulan

Berdasar penjelasan cek fakta di atas, disimpulkan kalau klaim foto PS5 bisa digunakan untuk penambangan koin kripto Ethereum tidak benar.

Berita tersebut menyajikan QR code berisi pesan untuk hiburan dan sesuai data pengujian, GPU PS5 tidaklah sampai menghasilkan performa penambangan koin kripto setinggi itu.

Sumber:
https://www.tweaktown.com/news/78050/no-the-ps5-wasnt-hacked-to-support-crypto-mining-at-insane-99mh/index.html
https://www.gizchina.com/2021/03/01/sony-playstation-5-has-been-adapted-for-mining/

Comments