CEK FAKTA: Benarkah Malaysia-Singapura Semprot Racun Bunuh Virus Corona?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

CEK FAKTA: Benarkah Malaysia-Singapura Semprot Racun Bunuh Virus Corona?

CEK FAKTA: Benarkah Malaysia-Singapura Semprot Racun Bunuh Virus Corona?

KEPONEWS.COM - CEK FAKTA: Benarkah Malaysia-Singapura Semprot Racun Bunuh Virus Corona? Ilustrasi virus corona. (Pixabay) Berdar sebuah pesan berantai yang mengklaim kabar adanya pasukan Malaysia dan Singapura menyemprotkan racun ke udara guna membunuh virus corona. Kabar ini beredar me...

Ilustrasi virus corona. (Pixabay)

Berdar sebuah pesan berantai yang mengklaim kabar adanya pasukan Malaysia dan Singapura menyemprotkan racun ke udara guna membunuh virus corona.

Kabar ini beredar melalui pesan berantai di grup WhatsApp. Saking banyaknya beredar, pesan berantai ini sempat membuat publik resah.

Berikut ialah isi pesannya:

"Pemberitahuan bahwasanya nanti malam pada pukul 23.00 WIB agar kita tidak ada yang keluar rumah, jikalau Kamu menjemur pakaian atau makanan segera diangkat dibawa masuk karena mulai pukul 23.00 WIB akan ada penyemprotan racun untuk virus corona dari Malaysia dan Singapura melalui udara. Bila besok pagi hujan jangan keluar rumah dulu sampai hujan berhenti. Mohon beritahukan kepada keluarga, sahabat, atau tetangga Bapak/Ibu sekalian. Terima kasih."

Namun, apakah pesan tersebut berisi berita yang dapat dipercaya? Benarkan Malaysia dan Singapura semprotkan racun untuk membunuh virus corona di udara?

Hoaks Malaysia dan Singapura bakal semprot racun untuk basmi virus corona (Turnbackhoax.id).Hoaks Malaysia dan Singapura bakal semprot racun untuk basmi virus corona (Turnbackhoax.id).

PENJELASAN

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id jaringan Suara pada Minggu (22/3/2020), didapati fakta bahwa kabar mengenai adanya penyemprotan racun oleh pasukan tentara Malaysia dan Singapura ialah kabar hoaks.

Panglima Angkatan Tentara Malaysia, Jenderal Tan Sri Affendi Buang telah memberikan klarifikasi terkait hal ini melalui akun Facebook Markas Angkatan Tentera Malaysia.

"Panglima Angkatan Tentera Malaysia, Jeneral Tan Sri Affendi Buang menegaskan gosip yang tular di sosmed itu ialah palsu. Dalam satu kenyataan, beliau berkata walaupun tidak dinyatakan jenis helikopter milik pasukan perkhidmatan mana sama ada Tentera Darat, TUDM atau TLDM namun penggunaan perkataan tentera serta hebahan tidak benar boleh mencetuskan suasana panik. Orang ramai juga dinasihatkan tidak mudah terpengaruh dengan sebarang gosip yang boleh mencetuskan kebimbangan," demikian seperti dikutip dari situs informasi.rtm.gov.my.

KESIMPULAN

Berdasarkan klarifikasi tersebut maka jelas bahwa kabar adanya penyemprotan racun merupakan kabar hoaks. Kabar tersebut dibuat dan disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Itulah hasil cek fakta pada pesan berantai mengklaim Malaysia dan Singapura semprot racun ke udara guna membunuh virus corona yang ternyata tidak benar alias hoaks. ( Ruhaeni Intan).

Comments