CEK FAKTA: Benarkah Kartun The Simpsons Prediksi Kantor Polisi Kebakaran?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

CEK FAKTA: Benarkah Kartun The Simpsons Prediksi Kantor Polisi Kebakaran?

CEK FAKTA: Benarkah Kartun The Simpsons Prediksi Kantor Polisi Kebakaran?

KEPONEWS.COM - CEK FAKTA: Benarkah Kartun The Simpsons Prediksi Kantor Polisi Kebakaran? CEK FAKTA, konten yang klaim kartun The Simpson prediksi kebakaran di kantor polisi Springfield (turnbackhoax.id) Beredar postingan di sosmed yang mengklaim kalau kartun The Simpsons memprediksi keb...

CEK FAKTA, konten yang klaim kartun The Simpson prediksi kebakaran di kantor polisi Springfield (turnbackhoax.id)

Beredar postingan di sosmed yang mengklaim kalau kartun The Simpsons memprediksi kebakaran di kantor polisi Springfield.

Klaim potingan predisksi kartun The Simpsons itu diunggah oleh akun Facebook Adeuqel S Reilloc.

Ia mengunggah dua gambar yaitu cuplikan dari film kartun The Simpsons yang menampilkan kantor polisi Springfield yang sedang terbakar. Gambar kedua ialah foto bangunan yang sedang terbakar.

Adapun narasi yag ditulis kun Facebook Adeuqel S Reilloc sebagai berikut:

-another Simpson prediction that became a reality!! #TheyKnew atau yang jikalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia: -prediksi Simpson lain yang menjadi kenyataan!! #MerekaTahu

CEK FAKTA, konten yang klaim kartun The Simpson prediksi kebakaran di kantor polisi Springfield (turnbackhoax.id)CEK FAKTA, konten yang klaim kartun The Simpsons prediksi kebakaran di kantor polisi Springfield (turnbackhoax.id)

Benarkah kartun The Simpsons memprediksi kebakaran di kantor polisi Springfield?

Penjelasan

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran turnbackhoax.id jaringan Suara.com, Senin (1/6/2020), klaim bahwa prediksi film kartun The Simpsons kembali terbukti dengan menghubungkan potongan adegan pos polisi Springfield terbakar di film The Simpsons dengan terbakarnya sebuah gedung merupakan klaim yang salah.

Gedung yang terbakar di unggahan itu bukanlah kantor polisi, melainkan kompleks perumahan yang sedang dibangun di Minneapolis Selatan.

Foto yang identik dengan gambar yang diunggah oleh sumber klaim dimuat di situs startribune.com dalam berita berjudul "Minneapolis vandalism targets include 189-unit affordable housing development". Berita itu terbit pada 28 Mei 2020.

Sementara itu, foto dan video saat-saat terbakarnya gedung tersebut dirangkum dalam berita berjudul "Minneapolis BLM Riot: $30M Affordable Housing Complex Under Construction Burned to The Ground" yang dimuat di situs informationliberation.com pada 28 Mei 2020.

Penjelasan CEK FAKTA, bukan foto kebakaran kantor polisi Springfield (turnbackhoax.id)Penjelasan CEK FAKTA, bukan foto kebakaran kantor polisi Springfield (turnbackhoax.id)

Kebakaran gedung itu terjadi pada hari Rabu malam, 27 Mei 2020. Lantai atas gedung yang dibingkai kayu sepenuhnya dilalap api, dengan gumpalan asap tebal yang menonjol dalam foto-foto kerusuhan yang banyak dilihat.

Konstruksi gedung dimulai musim gugur yang lalu di Midtown Corner, yang diharapkan akan selesai dan siap untuk dihuni tahun ini.

Proyek pembangunan kembali berada di lokasi bekas toko kelontong Rainbow Foods di Lake Street dan Hiawatha Avenue di Minneapolis selatan. Pengembang, Wellington Management yang berbasis di Twin Cities, menolak memberikan komentar wacana nasib proyek tersebut.

Kesimpulan

Jadi, hasil cek fakta berita yang disebarkan oleh akun Facebook Adeuqel S Reilloc termasuk dalam konten yang salah atau False Content. ( Rifan Aditya).

Referensi

https://www.startribune.com/minneapolis-vandalism-targets-include-189-unit-affordable-housing-development/570836742/?refresh=true

http://www.informationliberation.com/?id=61478

Comments