CEK FAKTA: Benarkah Ini Foto Uya Kuya Tengah Menghipnotis Maruf Amin?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

CEK FAKTA: Benarkah Ini Foto Uya Kuya Tengah Menghipnotis Maruf Amin?

CEK FAKTA: Benarkah Ini Foto Uya Kuya Tengah Menghipnotis Maruf Amin?

KEPONEWS.COM - CEK FAKTA: Benarkah Ini Foto Uya Kuya Tengah Menghipnotis Maruf Amin? Cek Fata, Unggahan Uya Kuya mensugesti Maruf Amin. (turnbackhoax.id) Sebuah foto meredar di sosmed yang menampilkan sosok presenter Uya Kuya bersama Wakil Presiden Maruf Amin. Foto ini berdar dengan...

Cek Fata, Unggahan Uya Kuya mensugesti Maruf Amin. (turnbackhoax.id)

Sebuah foto meredar di sosmed yang menampilkan sosok presenter Uya Kuya bersama Wakil Presiden Maruf Amin.

Foto ini berdar dengan narasi yang mengklaim kalau Uya Kuya mensugesti Wakil Presiden Maruf Amin.

Berdarnya foto ini saat tengah maraknya pemberitaan soal penolakan Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila atau RUU HIP.

Isu tersebut dibagikan oleh seorang pengguna Facebook bernama Puta Inka ke dalam grup Sahabat Aline Yoana tan.

Ia membagikan foto yang menampilkan sosok Uya Kuya tengah merangkul Maruf Amin yang tengah duduk dan memakai masker hitam.

Pada gambar Maruf Amin terdapat tulisan berbunyi, "Saya cuma tau tol langit".

Sementara sebagai keterangan, pengunggah foto kemudian menuliskan narasi Uya Kuya tengah mensugesti Maruf Amin terkait RUU HIP.

"Uya Kuya. Saya coba akan mensugesti Pak Ma ruf Amin apakah beliau jujur dan tau wacana RUU HIP yang ngotot diusulkan PARTAI BANTENG yang ingin mngganti PANCASILA dan apakah beliau menyetujui wacana RUU HIP itu. Jawabannya cukup kalian yang bisa menilai"

Unggahan Uya Kuya menghipnotis Maruf Amin. (turnbackhoax.id)Unggahan Uya Kuya mensugesti Maruf Amin. (turnbackhoax.id)

Lantas benarkah foto Uya Kuya mensugesti Maruf Amin?

Penjelasan

Berdasarkan hasil cek fakta dan penelusuran turnbackhoax.id jaringan Suara, unggahan Uya Kuya mensugesti Maruf Amin dipastikan tidak benar.

Unggahan tersebut merupakan hasil editan dari sejumlah sumber sehingga menampilkan sosok Uya Kuya seolah-olah mensugesti Maruf Amin.

Foto asli Uya Kuya diambil dari potongan gambar video kanal YouTube Ini Talk Show yang dibagikan pada 24 Oktober 2019. Dalam video itu sebenarnya Uya Kuya tengah mensugesti komedian Sule.

Penjelasa foto Uya Kuya menghipnotis Maruf Amin. (turnbackhoax.id)Penjelasa foto Uya Kuya mensugesti Maruf Amin. (turnbackhoax.id)

Sementara foto Maruf berasal dari video unggahan kanal YouTube Kompas pada 28 Juni 2020. Saat itu, Maruf Amin tengah mengikuti sidang paripurna bersama menteri.

Kesimpulan

Hasil cek fata pada foto Uya Kuya mensugesti Maruf Amin ialah palsu atau hoax. Unggahan tersebut merupakan hasil manipulasi yang sengaja dibagikan untuk memberikan berita sesat. (Husna Rahmayunita).

Comments