CEK FAKTA: Benarkah Foto Bebas Naik Pesawat, Indonesia Terserah Lu Aja?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

CEK FAKTA: Benarkah Foto Bebas Naik Pesawat, Indonesia Terserah Lu Aja?

CEK FAKTA: Benarkah Foto Bebas Naik Pesawat, Indonesia Terserah Lu Aja?

KEPONEWS.COM - CEK FAKTA: Benarkah Foto Bebas Naik Pesawat, Indonesia Terserah Lu Aja? CEK FAKTA, konten yang mengklaim foto ini ialah penumpang pesawat asal Indonesia (turnbackhoax.id) Beredar foto yang mengklaim penumpang pesawat asal Indonesia mengenakan masker dan pelindung wajah....

CEK FAKTA, konten yang mengklaim foto ini ialah penumpang pesawat asal Indonesia (turnbackhoax.id)

Beredar foto yang mengklaim penumpang pesawat asal Indonesia mengenakan masker dan pelindung wajah. Postingan foto ini narasi Indonesia terserah.

Klaim dengan foto itu dibuat oleh akun Twitter Bulan Kemenangan atau @pakaipeci.

Dalam postingannya, akun Twitter Bulan Kemenangan menunjukkan foto kabin pesawat yang penuh dengan penumpang. Mereka memakai masker dan pelindung wajah dari plastik.

Akun Twitter Bulan Kemenangan memberikan narasi sebagai berikut.

Naik motor ga boleh boncengan
Naik mobil istri gak boleh disamping suami
Naik pesawat? Bebaaassss
INDONESIA terserah lu ajah.
Saatnya nakes #StayAtHome saja

CEK FAKTA, konten yang mengklaim foto ini adalah penumpang pesawat asal Indonesia (turnbackhoax.id)CEK FAKTA, konten yang mengklaim foto ini merupakan penumpang pesawat asal Indonesia (turnbackhoax.id)

Cuitan itu diunggah pada Sabtu, 16 Mei 2020. Saat tangkapan layar diambil, postingan itu telah mendapat 1.900 likes dan 881 kali dibagikan.

Benarkah foto "Naik Pesawat Bebas" merupakan penumpang asal Indonesia?

Penjelasan

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran turnbackhoax.id jaringan Suara, Minggu (17/5/2020), klaim bahwa foto penumpang pesawat memakai pelindung wajah dan masker merupakan foto penumpang pesawat Indonesia merupakan klaim yang salah.

Foto penumpang pesawat yang diunggah oleh akun Twitter Bulan Kemenangan atau @pakaipeci bukanlah warga negara Indonesia.

Aslinya, gambar tersebut merupakan foto ketika warga India dievakuasi dari Singapura pada 10 Mei 2020.

Menteri Penerbangan Sipil India Hardeep Singh Puri melalui akun Twitter resminya pada 10 Mei 2020 pernah mengunggah foto tersebut.

Penjelasan CEK FAKTA, foto asli merupakan evakuasi warga India dari Singapura (turnbackhoax.id)Penjelasan CEK FAKTA, foto asli merupakan evakuasi warga India dari Singapura (turnbackhoax.id)

Dalam foto terlihat para penumpang dari Singapura tujuan Mumbai mengenakan masker untuk mencegah corona. Seakan masker tak cukup aman, para penumpang dilengkapi juga dengan pelindung wajah.

Beberapa penumpang bahkan menambahnya lagi dengan memakai goggles atau kacamata pengaman. Seorang diduga petugas terlihat berdiri di lorong kabin, memakai baju hazmat dan penutup rambut.

Penerbangan dari Singapura ke Mumbai berlangsung selama lebih dari 5 jam. Puri menyebut kejadian ini sebagai "new normal" atau kebiasaan baru dalam penerbangan.

"Waktunya sebuah perubahan! Bukan adegan dari film blockbuster sci-fi tapi ini gambar penumpang dengan pelindung wajah di penerbangan Singapura-Mumbai yang mendarat sebelumnya hari ini. Langkah pencegahan merupakan new normal. Perubahan ini akan bertahan terus," kata Puri, disadur Suara.

Semenjak pekan lalu, India telah mulai evakuasi ratusan ribu warganya dari seluruh dunia. Termasuk dari Singapura yang menjadi gelombang evakuasi pertama.

Berdasarkan standar prosedur operasi atau SOP pemulangan, Kementerian Kesehatan India mewajibkan seluruh penumpang pakai masker, sarung tangan, dan kalau bisa pelindung wajah selama penerbangan.

Dilansir The Indian Express, di bandara tujuan, mereka akan diterima di terminal khusus. Petugas kesehatan bandara bersiap untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum penumpang melalui gerbang imigrasi.

Penumpang dengan gejala akan diisolasi dan dikirim ke tempat karantina dengan ambulans. Sementara penumpang lainnya harus menjalani karantina di hotel-hotel yang telah ditetapkan selama 14 hari.

Namun sebelum ke lokasi karantina, seluruh barang bawaan mereka akan disterilkan dengan disinfektan.

Kesimpulan

Jadi, hasil cek fakta pada unggahan akun Twitter Bulan Kemenangan atau @pakaipeci termasuk dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

False Context merupakan ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks berita yang salah. ( Rifan Aditya).

Referensi

https://twitter.com/HardeepSPuri/status/1259484460342444034

https://indianexpress.com/article/cities/mumbai/india-evacuation-mumbai-singapore-london-uk-flights-6402738/

Comments