CEK FAKTA: Benarkah Campuran Air Garam Dapat Hilangkan Virus Corona?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

CEK FAKTA: Benarkah Campuran Air Garam Dapat Hilangkan Virus Corona?

CEK FAKTA: Benarkah Campuran Air Garam Dapat Hilangkan Virus Corona?

KEPONEWS.COM - CEK FAKTA: Benarkah Campuran Air Garam Dapat Hilangkan Virus Corona? Ilustrasi garam. (Pixabay/Bru-nO) Sempat beredar pesan berantai yang mengklaim campuran air hangat dan garam bisa menghilangkan virus corona. Benarkah klaim campuran air garam ini ampuh? Berita ini t...

Ilustrasi garam. (Pixabay/Bru-nO)

Sempat beredar pesan berantai yang mengklaim campuran air hangat dan garam bisa menghilangkan virus corona. Benarkah klaim campuran air garam ini ampuh?

Berita ini tersebar melalui pesan berantai di software Whatsapp dan beredar tanpa diketahui siapa yang mengawalinya.

Di dalam narasi pesan itu disebutkan jikalau salah seorang pasien positif virus corona berhasil sembuh karena meminum campuran air hangat dan garam.

Pasien yang sebelumnya menderita batuk berdahak diklaim sembuh dalam waktu semalam usai meminum campuran air tersebut.

Tak hanya itu, pengirim pesan juga melampirkan resep air garam yang dimaksud.

Hoaks campuran air garam bisa menghilangkan virus corona (Turnbackhoax.id).Hoaks campuran air garam bisa menghilangkan virus corona (Turnbackhoax.id).

Namun, apakah benar campuran air hangat dan garam bisa menghilangkan virus corona? Benarkah campuran resep ini bisa mengeluarkan COVID-19 dari tenggorokan?

PENJELASAN

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id jaringan Suara, diketahui bahwa campuran air hangat dan garam tidak bisa menghilangkan virus corona dari dalam tubuh.

Pasalnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa campuran air garam bisa mengobati COVID-19.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan dari Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) yang mengatakan bahwa hal itu hanya mitos semata.

Selain itu, ahli epidemiologi Dicky Budiman juga mengungkapkan hal senada terkait khasiat campuran air garam.

Hal tersebut salah kaprah karena virus corona melekat pada reseptor di tubuh manusia sehingga air atau alkohol sekalipun tak bisa menghilangkannya.

"Artinya, mau minum air garam atau alcohol tidak akan berpengaruh," kata Dicky.

KESIMPULAN

Dari penjelasan cek fakta di atas maka dapat dipastikan bahwa campuran air hangat dan garam tak bisa menghilangkan virus corona dari dalam tubuh. Klaim campuran air garam tersebut merupakan hoaks karena tidak terbukti secara ilmiah. ( Ruhaeni Intan).

Comments