CEK FAKTA: Benarkah 1 Pasien Terduga Virus Corona di Semarang Meninggal?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

CEK FAKTA: Benarkah 1 Pasien Terduga Virus Corona di Semarang Meninggal?

CEK FAKTA: Benarkah 1 Pasien Terduga Virus Corona di Semarang Meninggal?

KEPONEWS.COM - CEK FAKTA: Benarkah 1 Pasien Terduga Virus Corona di Semarang Meninggal? Ilustrasi virus corona. (Shutterstock) Sebuah video beredar memaparkan ada lima pasien terkena virus corona di Semarang. Video tersebut beredar melalui software pecakapan WhatsApp. Masyarakat yang ti...

Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)

Sebuah video beredar memaparkan ada lima pasien terkena virus corona di Semarang. Video tersebut beredar melalui software pecakapan WhatsApp.

Masyarakat yang tinggal di Semarang menjadi takut atas beredarnya video tersebut. Seperti cuitan yang dibuat oleh akun Twitter @aiscreamchoco, Sabtu (1/2/2020) berikut ini.

"Serem banget, tadi papa kasih lihat 4 pasien yang di suspect kena virus corona dan itu di Semarang dong, di kota tempat tinggal ku serem banget," tulisnya.

Begitu juga dengan cuitan dari @dani_sha24 yang menulis, "Ada video isu pasien corona masuk RSUD Karyadi Semarang, 4 orang 1 meninggal, betul gak sih"

Video lima pasien "terkena" virus corona di Semarang meresahkan masyarakat (twitter)Video lima pasien "terkena" virus corona di Semarang meresahkan masyarakat (twitter)

Video berdurasi 36 detik tersebut bersumber dari laporan isu Kompas Pagi di Kompas TV.

Penyiar isu mengatakan, "Lima pasien virus corona dari beberapa rumah sakit di Semarang mendapatkan perawatan serius di Rumah Sakit Umum Pusat dr. Kariadi Semarang. Satu dinyatakan meninggal dunia, empat pasien lainnya mendapat perawatan intensif di ruang isolasi".

Benarkah ada lima pasien suspect virus corona di Semarang?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Suara, video 36 detik yang beredar melalui Whatsapp menunjukkan lima pasien suspect virus corona di Semarang adlaah tidak benar. Rekaman yang beredar itu tidak lengkap atau utuh.

Kejadian dalam video tersebut merupakan simulasi penanganan pasien virus corona di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi Semarang.

Video lengkapnya terdapat dalam situs Kompas.tv yang diterbitkan pada Jumat, 31 Januari 2020 berjudul "RS Kariadi, Semarang Gelar Simulasi Penanganan Pasien Virus Corona". Berikut kutipan beritanya.

"RSUP Dr. Kariadi Semarang, menggelar simulasi siaga virus Corona. Ini dilakukan untuk persiapan, dan kesigapan tim RSUP Kariadi kalau terdapat pasien terdampak virus Corona.

Dengan cekatan para tim medis yang dilengkapi pakaian khusus tertutup, membawa satu per satu pasien ke dalam ruang isolasi UGD RSUP Dr. Kariadi Semarang.

Satu per satu pasien dibawa ke ruang isolasi rawat di Ruang Rajawali. Dari lima pasien yang terjangkit virus Corona itu, satu di antaranya di nyatakan meninggal dunia."

Cek Fakta, Video lima pasien terkena virus corona di Semarang (kompas.tv)Cek Fakta, Video lima pasien terkena virus corona di Semarang (kompas.tv)

Kepala Pusat Data Berita dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Indonesia, Agus Wibowo juga menyarankan agar masyarakat tidak panik dengan beredarnya video tersebut.

Cek Fakta, video lima pasien terkena virus corona di Semarang hanya simulasi (twitter @aw3126)Cek Fakta, video lima pasien terkena virus corona di Semarang hanya simulasi (twitter @aw3126)

Melalui cuitan dalam akun Twitternya, @aw3126, menulis, "#SahabatTangguh jangan panik bila mendapat potongan video ini. Ini hanya simulasi jadi belum ada laporan resmi dari Kemenkes korban Virus Corona di Indonesia".

Agus menambahkan, "Ini video dipotong orang tidak bertanggungjawab."

Kesimpulan

Video yang beredar di Whatsapp tersebut tidak lengkap. Jadi, video tersebut termasuk dalam konten yang dimanipulasi.

Referensi

https://www.kompas.tv/article/64682/4-pasien-diisolasi-1-meninggal-dunia-tenang

https://twitter.com/aw3126/status/1223488868382461952. (Rifan Aditya)

Comments