Cegah Pneumonia, Penumpang dari Tiongkok Wajib Isi Kartu Skrining di Bandara

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Cegah Pneumonia, Penumpang dari Tiongkok Wajib Isi Kartu Skrining di Bandara

Cegah Pneumonia, Penumpang dari Tiongkok Wajib Isi Kartu Skrining di Bandara

KEPONEWS.COM - Cegah Pneumonia, Penumpang dari Tiongkok Wajib Isi Kartu Skrining di Bandara SELAIN memasang thermal scanner, pemerintah mewajibkan pengunjung yang masuk bandara atau pelabuhan di Indonesia untuk mengisi kartu skrining khusus. Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah pence...
Loading...

SELAIN memasang thermal scanner, pemerintah mewajibkan pengunjung yang masuk bandara atau pelabuhan di Indonesia untuk mengisi kartu skrining khusus. Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah pencegahan pneumonia yang masuk ke Indonesia

Kartu yang disebut dengan Health Alert Card (HAC) berisi biodata pengunjung. Ada juga keterangan saat mereka masuk ke Indonesia, serta pesawat apa yang mereka gunakan. Khususnya pada pengunjung yang datang dari Tiongkok ke Indonesia, yang menjadi tempat penyebaran pneumonia.

Setelah diisi, kartu akan dibagi dua untuk diberikan kepada pengunjung dan disimpan oleh petugas KKP. Harapannya, bila dalam masa inkubasi mereka benar-benar mengalami gejala pneumonia, mereka bisa langsung datang ke rumah sakit dan menunjukkan HAC kepada dokter.

HAC

Hal itu dijelaskan oleh Kepala KKP Kelas I Soekarno Hatta, Anas Ma'ruf. Menurutnya, HAC juga memudahkan dokter dalam memeriksa pasien.

"Belum lama ini, WHO telah memberikan rekomendasi pertanyaan tambahan untuk memeriksa pasien yang diduga terjangkit suatu virus," kata Agus saat ditemui di Gedung Kemenkes, daerah Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (20/1/2020).

Selanjutnya

Comments