Cegah Penularan COVID-19, Kakek-Nenek Tetap Physical Distancing saat Main Bareng Cucu

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Cegah Penularan COVID-19, Kakek-Nenek Tetap Physical Distancing saat Main Bareng Cucu

Cegah Penularan COVID-19, Kakek-Nenek Tetap Physical Distancing saat Main Bareng Cucu

KEPONEWS.COM - Cegah Penularan COVID-19, Kakek-Nenek Tetap Physical Distancing saat Main Bareng Cucu Selain menerapkan Physical Distancing sesuai imbauan pemerintah, hal lain yang perlu dilakukan merupakan mewaspadai sumber penularan virus corona COVID-19. Salah satu sumber penularan COVID-19 yang se...

Selain menerapkan Physical Distancing sesuai imbauan pemerintah, hal lain yang perlu dilakukan merupakan mewaspadai sumber penularan virus corona COVID-19. Salah satu sumber penularan COVID-19 yang sering tidak disadari merupakan interaksi antara kakek atau nenek dengan cucu.

Menurut Ketua Aliansi Telemedia Indonesia Prof. dr. Purnawan, M.Ph., P.Hd, kakek atau nenek merupakan salah satu kelompok berisiko terinfeksi COVID-19 karena termasuk usia lanjut. Karenanya, untuk mencegah penularan kakek atau nenek perlu menerapkan protokol kesehatan selama berinteraksi.

"Yang ketiga ini Memang agak riskan juga ya, itu cucu dari segi kesehatan, kalau kakek itu rentan cucu itu biasanya tahan," kata Purnawan dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Minggu 29 Maret 2020.

BNPB

"Tapi dia (cucu) menjadi (carrier) jadi sementara hati-hati jikalau berhubungan dengan cucu jadi kita harus selalu berhati-hati waspada, cuci tangan pakai masker begitu," tambah Purnawan.

Sumber penularan COVID-19 lainnya menurut Purnawan ialah uang kertas dan barang-barang yang dikirim secara daring. Karenanya, dia menyarankan agar barang-barang yang dikirim secara daring diperlakukan sebagai benda yang terinfeksi.

Sementara uang kertas, dia mengatakan harus ada perlakukan khusus guna mencegah penularan COVID-19. "Uang 'cash' itu akan menular dari orang ke orang jadi itu harus ada caranya, kalau saya pegang pakai plastik dan saya taruh di tempat khusus di rumah," imbuh Purnawan.

(hel)

Comments