Cegah Kekurangan Mikronutrien, Rajin Makan Buah Tiap Hari Yuk

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Cegah Kekurangan Mikronutrien, Rajin Makan Buah Tiap Hari Yuk

Cegah Kekurangan Mikronutrien, Rajin Makan Buah Tiap Hari Yuk

KEPONEWS.COM - Cegah Kekurangan Mikronutrien, Rajin Makan Buah Tiap Hari Yuk Buah menjadi salah satu makanan yang dibutuhkan manusia. Mikronutrien (zat gizi mikro) yang terdapat pada buah dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit. Namun berperan sangat penting dalam pembentuk...

Buah menjadi salah satu makanan yang dibutuhkan manusia. Mikronutrien (zat gizi mikro) yang terdapat pada buah dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit.

Namun berperan sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas enzim banyak sekali metabolisme dalam tubuh termasuk kerja sistem imun.

buah

Dokter Spesialis Gizi, dr. Florentina M. Rahardja, M.Gizi, Sp.GK mengatakan, nutrien yang dimaksud dalam mikronutrien merupakan vitamin dan mineral. Salah satu sumber vitamin dan mineral yang alami ialah buah-buahan. Kelompok yang paling mudah mengalami kekurangan mikronutrien merupakan ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak.

Bagi anak-anak, kekurangan mikronutrien dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan, menurunkan fungsi kognitif dan menurunkan imunitas. Pada akhirnya anak menjadi rentan terhadap infeksi dan berdampak pada prestasi di sekolah, terang dr. Florentina kemarin.

Lebih lanjut dr. Florentina mengatakan, kekurangan mikronutrien dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang dan masa depan seorang anak. Oleh karena itu kecukupan mikronutrien sangatlah penting bagi seorang anak, salah satunya dengan memenuhi asupan buah yang cukup setiap harinya.

Anak Diberi Nama Provider Internet, Keluarga Dapat Gratis WiFi 18 Tahun

Buah dapat diberikan semenjak usia 6 bulan sebagai makanan tambahan. Buah yang diberikan juga harus bervariasi agar vitamin dan mineral yang diperoleh beragam serta anak tidak bosan. Pisang ialah salah satu buah yang tinggi mikronutrien yaitu kalium, karbohidrat, serat, vitamin C dan lainnya, tuntasnya.

(DRM)

Comments