Cegah Kebocoran Gas, Ini Tips Aman Menyimpan Elpiji di Dapur

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Cegah Kebocoran Gas, Ini Tips Aman Menyimpan Elpiji di Dapur

Cegah Kebocoran Gas, Ini Tips Aman Menyimpan Elpiji di Dapur

KEPONEWS.COM - Cegah Kebocoran Gas, Ini Tips Aman Menyimpan Elpiji di Dapur Liquefied petroleum gas atau biasa disebut gas elpiji merupakan komponen penting di dapur setiap rumah. Sulit rasanya membayangkan di zaman sekarang, jikalau harus melakukan kegiatan di dapur tanpa ba...
Loading...

Liquefied petroleum gas atau biasa disebut gas elpiji merupakan komponen penting di dapur setiap rumah. Sulit rasanya membayangkan di zaman sekarang, jikalau harus melakukan kegiatan di dapur tanpa bantuan kompor gas.

Tapi meskipun sangat berguna, di sisi lain gas elpiji ini juga bisa jadi sesuatu yang sangat membahayakan bila tidak disimpan dengan tepat. Kecelakaan seperti bocor hingga meledaknya gas, bisa terjadi kapan saja.

Maka dari itu penting untuk mengetahui seperti apa tips aman menyimpan gas elpiji di rumah. Simak ulasan singkatnya di bawah ini, seperti disitat Manilastandard, Kamis (16/1/2020).

1. Peletakkan

Letakkan tabung gas elpiji di area yang punya ventilasi baik. Pastikan bahwa area tersebut tidak rentan terhadap kenaikan suhu dan jauh dari bahan yang mudah terbakar, seperti gorden dan pelarut. Tempatkan di area yang tidak mudah terkena banjir dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Hindari menyimpan gas elpiji di ruang bawah tanah. Alasannya adalah uap gas elpiji itu lebih berat daripada udara dan kebocoran apa pun akan meresap ke tanah, lalu menumpuk dan gas itu menjadi sulit untuk lepas.

Gas elpiji

2. Cek kondisi

Biasakan untuk memeriksa dengan teliti, apakah ada bagian gas elpiji yang rusak atau salah sebelum memakai gas elpiji tersebut. Pastikan gas elpiji yang digunakan mempunyai katup, regulator, dan selang yang benar. Jangan mendapatkan dan mengoperasikan gas elpiji yang ada bagiannya yang cacat, entah tidak benar atau tidak lengkap.

Selanjutnya

Comments