Cegah Dehidrasi saat Bulan Puasa, Makanan dan Minuman Ini Harus Dihindari

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Cegah Dehidrasi saat Bulan Puasa, Makanan dan Minuman Ini Harus Dihindari

Cegah Dehidrasi saat Bulan Puasa, Makanan dan Minuman Ini Harus Dihindari

KEPONEWS.COM - Cegah Dehidrasi saat Bulan Puasa, Makanan dan Minuman Ini Harus Dihindari BULAN Ramadhan 1442 Hijriah telah tiba. Umat Islam di dunia pun telah mulai menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, mulai matahari terbit hingga terbenam Berdasarkan sebuah penelitian, frekuens...

BULAN Ramadhan 1442 Hijriah telah tiba. Umat Islam di dunia pun telah mulai menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, mulai matahari terbit hingga terbenam

Berdasarkan sebuah penelitian, frekuensi makan dan jumlah air berkurang selama bulan puasa. Ini dapat menyebabkan berkurangnya energi, penurunan berat badan, hingga dehidrasi.

Penderita GERD Bisa Jalankan Puasa Ramadhan, Ini Panduannya

Penelitian lain menunjukkan bahwa tidak adanya makanan dan cairan selama siang hari di bulan puasa dapat menyebabkan defisit air tubuh yang sangat besar serta menyebabkan penurunan fungsi kognitif dan fisik.

Tapi tenang saja, semua risiko itu bisa diatasi dengan menghindari makanan atau minuman tertentu. Apa saja itu? Berikut daftar lengkapnya, seperti dirangkum dari laman Boldsky, Minggu (18/4/2021).

Ilustrasi puasa. (Foto: Reuters)

1. Alkohol

Alkohol atau minuman beralkohol seperti bir dan minuman beralkohol bertindak sebagai diuretik alami. Artinya, mengandung zat yang mendorong diuresis, termasuk diuresis paksa, dengan meningkatkan produksi urine. Saat produksi urine meningkat, risiko dehidrasi juga meningkat. Karena itu, alkohol harus dihindari saat bulan puasa, ditambah juga dilarang selama bulan suci Ramadhan.

2. Kopi dan teh

Minuman berkafein seperti kopi dan teh bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan dehidrasi. Ini karena kafein berperan sebagai antagonis reseptor adenosin dan mengurangi reabsorpsi natrium oleh sel tubuh yang merupakan elektrolit esensial. Dalam jumlah sedang, kafein mungkin tidak menimbulkan efek dehidrasi, tetapi dalam dosis besar (lebih dari 500 mg), dapat berperilaku sebagai diuretik dan menyebabkan dehidrasi.

Tidur Setelah Sahur, Hati-Hati Kamu Rentan Stroke

3. Minuman olahraga berkalori tinggi

Orang-orang yang terkait dengan olahraga dan menjalankan puasa selama bulan Ramadhan sering direkomendasikan minuman olahraga berkalori tinggi. Minuman olahraga ini seringkali mempunyai kandungan glukosa yang lebih tinggi yang dapat membantu menjaga tingkat energi para atlet untuk waktu lama. Namun pada beberapa individu seperti penderita diabetes, kalori yang tinggi dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan menyebabkan dehidrasi.

Comments