Cegah darah tinggi, konsumsi 6 makanan ini usai santap daging kambing

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Cegah darah tinggi, konsumsi 6 makanan ini usai santap daging kambing

Cegah darah tinggi, konsumsi 6 makanan ini usai santap daging kambing

KEPONEWS.COM - Cegah darah tinggi, konsumsi 6 makanan ini usai santap daging kambing Momen Hari Raya Idul Adha seringkali dijadikan sebagai ajang untuk pesta makan daging. Biasanya dua jenis daging yang selalu ada saat perayaan Idul Adha ialah daging sapi dan daging kambing. Kedua jen...

Momen Hari Raya Idul Adha seringkali dijadikan sebagai ajang untuk pesta makan daging. Biasanya dua jenis daging yang selalu ada saat perayaan Idul Adha ialah daging sapi dan daging kambing.

Kedua jenis daging tersebut pada umumnya akan diolah menjadi beragam masakan menggugah selera. Sehingga tidak jarang banyak yang mengonsumsi daging kambing atau sapi ketika Idul Adha.

Namun yang perlu diperhatikan ialah daging kambing merupakan salah satu pemicu meningkatnya tekanan darah. Hal ini tentunya tidak baik bagi kamu yang mempunyai risiko darah tinggi. Nah untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya kamu menyantap beberapa jenis makanan setelah menikmati daging kambing.

Apa sajakah jenis makanannya? Berikut 6 makanan yang perlu disantap setelah makan daging kambing, seperti yang dirangkum dari banyak sekali sumber, Rabu (22/8).

1. Kiwi.

Salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi merupakan menjaga asupan nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti mineral. Nah beberapa jenis mineral yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi merupakan kalsium, kalium dan magnesium. Dua jenis mineral itu ada dalam kandungan buah kiwi.

Satu buah kiwi sendiri mengandung 2% kalsium, 7% magnesium dan 9% potasium yang baik bagi kebutuhan tubuh setiap harinya. Selain itu, kwi juga kaya akan vitamin C.

2. Sayuran kubis.

Kubis merupakan salah satu sayuran hijau yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena kandungan kalium yang tinggi di dalamnya. Selain itu, biasanya pada sayuran hijau juga mengandung kalsium yang berguna sebagai makanan penurun darah tinggi.

3. Buah bit.

Salah satu penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal tahun 2013 membuktikan bahwa dengan meminum jus buah bit terjadi penurunan tekanan darah sistolik setelah enam jam mengonsumsi jus bit, terutama terjadi pada partisipan pria. Hal ini karena kandungan nitrat yang secara alami ditemukan dalam buah bit bisa menjadi salah satu sumber makanan penurun darah tinggi.

4. Kentang.

Bahan pangan satu ini merupakan salah satu makanan yang mengandung kalium dan magnesium tinggi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kedua jenis mineral ini bisa menurunkan tekanan darah.

Untuk mendapatkan manfaat kentang sebagai makanan penurun darah tinggi, sebaiknya coba untuk mengonsumsi kentang yang hanya direbus atau dipanggang tanpa penambahan garam.

5. Pisang.

Buah yang mudah didapatkan dan murah meriah ini juga bermanfaat sebagai makanan penurun darah tinggi. Hal ini tidak terlepas dari kandungan kalium yang tinggi dalam buah pisang. Sehingga dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh para penderita darah tinggi.

6. Dark chocolate.

Mungkin sebagian tidak akan menyangka jikalau cokelat dapat menurunkan tekanan darah. Namun bila kamu mengonsumsi dark chocolate yang kaya akan flavonoid, ternyata dapat membantu dalam penurunan tekanan darah tinggi.

Kandungan flavonoid dalam dark chocolate berhubungan dnegan pembentukan oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan peredaran darah, hasilnya pun dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian dalam BMC Medicine tahun 2010 juga menyebutka bahwa mengonsumsi dark chocolate dianjurkan sebagai makanan penurun darah tinggi bagi orang dengan kondisi hipertensi atau prahipertensi.

(lea)

Comments