Cegah Covid-19, Cuci Sayur dan Buah Cukup dengan Air?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Cegah Covid-19, Cuci Sayur dan Buah Cukup dengan Air?

Cegah Covid-19, Cuci Sayur dan Buah Cukup dengan Air?

KEPONEWS.COM - Cegah Covid-19, Cuci Sayur dan Buah Cukup dengan Air? Seluruh masyarakat diharapkan melakukan kebiasaan mencegah terpapar virus corona, sebut saja memakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun, dan juga menjaga jarak. Selain itu, upaya lain ialah dengan...

Seluruh masyarakat diharapkan melakukan kebiasaan mencegah terpapar virus corona, sebut saja memakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun, dan juga menjaga jarak.

Selain itu, upaya lain ialah dengan memastikan makanan yang dikonsumsi bersih dari kuman bakteri, termasuk virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19. Karena itu tidak jarang masyarakat menambahkan sabun saat mencuci buah dan sayur.

Tapi, menjadi pertanyaan berikutnya, apakah aman mencuci buah dan sayur dengan sabun?

Diterangkan Anggota Junior Doctor Network (JDN) dr Sarah Shyma, mencuci buah dan sayur cukup dengan air saja. Ini sudah sesuai dengan anjuran CDC.

"Jadi, setelah pulang dari pasar, buah dan sayur cukup dicuci dengan air mengalir," kata dr Sarah di Konferensi Pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, beberapa hari lalu.

Cuci Buah

Namun, untuk barang-barang yang tidak dimakan, seperti tas belanja, itu bisa Kamu bersihkan dengan menyemprotkan cairan disinfektan guna meminimalisir tangan Kamu terpapar virus corona yang mungkin ada di permukaan tas.

Cek Fakta, Sabun yang Diencerkan Air Tak Efektif Bunuh Covid-19?

Anggapan lain datang dari Dokter Penyakit Dalam. Menurut dr Indah Fitriani, SpPD, tidak masalah memakai sabun saat mencuci buah dan sayur, asal sabun yang tepat.

"Boleh mencuci buah dan sayur dengan sabun, tapi sabunnya yang food grade, bukan sabun mandi atau sabun cuci tangan," katanya saat diwawancarai Okezone, Selasa (30/6/2020).

Sabun food grade di sini maksudnya ialah sabun organik atau sabun dengan vegetable base. "Sabun jenis ini memang diciptakan dengan maksud bisa membersihkan buah dan sayur bukan cuma dari kuman, tapi dari sisa-sisa pestisida dan bahan kimia lain menempel di buah dan sayur," pungkasnya.

(hel)

Comments