Cegah Cacar Monyet, KKP Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Cegah Cacar Monyet, KKP Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

Cegah Cacar Monyet, KKP Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

KEPONEWS.COM - Cegah Cacar Monyet, KKP Diminta Tingkatkan Kewaspadaan WABAH monkeypox atau cacar monyet untuk pertama kalinya masuk ke Singapura. Masuknya penyakit langka ke negara tetangga tersebut, membuat pemerintah Indonesia meningkatkan kewaspadaannya. Demi kewaspa...

WABAH monkeypox atau cacar monyet untuk pertama kalinya masuk ke Singapura. Masuknya penyakit langka ke negara tetangga tersebut, membuat pemerintah Indonesia meningkatkan kewaspadaannya.

Demi kewaspadaan penyebaran cacar monyet, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr Anung Sugihantono, MKes, meminta Dinas Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), rumah sakit, dan Puskesmas untuk mewaspadai penyakit tersebut. Hal itu wajib dilakukan berdasarkan surat edaran, perihal Kewaspadaan Importasi Penyakit cacar monyet tanggal 13 Mei 2019.

"Yang paling dekat dengan Singpura merupakan Batam. Jadi kami imbau dinkes dan UPT Kemenkes di sana (KKP, RS, Puskesmas) untuk waspada. Terutama KKP yang menjadi pintu keluar masuk warga negara Singapura," katanya lewat siaran persnya, Rabu (15/5/2019).

Intip Gaya Busana 5 Artis Nyaleg yang Lolos ke Senayan

Menkes terus mendorong scaning untuk mencegah penyakit cacar monyet

Berdasarkan Sirkesnas, sebanyak 18.176 kapal datang dari Singapura ke Indonesia mulai Januari sampai 10 Mei 2019. Belum lagi banyaknya penerbangan dari Singapura, sehingga kemungkinan terjadinya penyebaran penyakit cacar monyet bisa terjadi.

Anung menambahkan, KKP diminta untuk menyebarluaskan berita bahaya cacar monyet kepada masyarakat. Caranya adalah melakukan pengawasan yang lebih intensif kepada kru dan pelaku perjalanan dari Singapura, negara-negara Afrika Barat, dan Afrika Tengah.

"Terutama bagi mereka yang terdeteksi demam atau sakit yang diduga gejala cacar monyet, wajib dilakukan deteksi dini dan pencegahan," tambah Anung.

Selain kepada manusia, pengawasan dan pemeriksaan alat angkut juga harus dipastikan bebas rodent (hewan pengerat seperti tikus). Alasannya adalah, sumber penularan cacar monyet ialah berasal dari hewan tersebut.

Ingin Punya Istri Cantik? Menikahlah dengan Wanita dari 6 Daerah Ini

sumber penularan cacar monyet adalah berasal dari hewan

Pada 9 Mei 2019 Kementerian Kesehatan Singapura mengonfirmasi adanya cacar monyet (MPX). Kasus itu menimpa warga negara Nigeria, yang merupakan salah satu negara endemis cacar monyet.

Dia berkunjung ke Singapura pada 28 April 2019, lalu dinyatakan positif terinfeksi virus cacar monyet pada 8 Mei 2019. Selain dia, ada 23 orang yang kontak erat dengannya telah dikarantina.

(mrt)

Comments