CDC Tak Lagi Bolehkan Orang yang Sudah Divaksin 2 Dosis Lepas Masker

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

CDC Tak Lagi Bolehkan Orang yang Sudah Divaksin 2 Dosis Lepas Masker

CDC Tak Lagi Bolehkan Orang yang Sudah Divaksin 2 Dosis Lepas Masker

KEPONEWS.COM - CDC Tak Lagi Bolehkan Orang yang Sudah Divaksin 2 Dosis Lepas Masker BEBERAPA pekan lalu Amerika Serikat (AS) menyatakan masyarakatnya boleh melepas masker kalau sudah mendapat dua dosis vaksin covid-19. Penggunaan masker di luar ruangan dianggap tidak perlu lagi karen...

BEBERAPA pekan lalu Amerika Serikat (AS) menyatakan masyarakatnya boleh melepas masker kalau sudah mendapat dua dosis vaksin covid-19. Penggunaan masker di luar ruangan dianggap tidak perlu lagi karena merasa sudah aman.

Namun, kebijakan tersebut dikritik keras Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC). Lembaga kesehatan tersebut sekarang mewajibkan masyarakat AS memakai masker sekalipun sudah divaksin covid-19 karena merebaknya kasus Varian Delta.

Varian Delta Plus Mengancam Orang yang Belum Dapat Vaksin Covid-19

Sebelumnya pada April 2021, CDC juga melonggarkan aturan penggunaan masker. Rekomendasi CDC kala itu berbunyi bahwa orang Amerika yang sudah divaksin lengkap tidak harus memakai masker, kecuali berada dalam kerumunan besar.

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Shutterstock)

"Pedoman baru CDC menyatakan bahwa mereka yang sudah divaksin lengkap tetap harus pakai masker di tempat yang ramai, seperti di bus, pesawat, dan rumah sakit. Di sekolah pun guru, murid, staf, dan pengunjung harus memakai masker saat berada di dalam ruangan," jelas laporan Fox News, Rabu (28/7/2021).

Apakah Vaksin Covid-19 Cukup Kuat Melawan Varian Delta Plus?

Varian Delta menjadi alasan kuat CDC mengubah pedoman penggunaan masker. Karena, makin banyak masyarakat yang terpapar Varian Delta di Amerika Serikat sekarang dan ini salah satu penyebabnya karena tidak memakai masker.

"Kasus Varian Delta cukup mengkhawatirkan sekarang, sehingga kami merasa harus bertindak dan karena itu pedoman baru ini keluar," kata Direktur CDC dr Rochelle Walensky.

Comments