Catat! Vaksin, Vaksinasi, dan Imunisasi Itu Artinya Berbeda

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Catat! Vaksin, Vaksinasi, dan Imunisasi Itu Artinya Berbeda

Catat! Vaksin, Vaksinasi, dan Imunisasi Itu Artinya Berbeda

KEPONEWS.COM - Catat! Vaksin, Vaksinasi, dan Imunisasi Itu Artinya Berbeda Ketidakpercayaan masyarakat terhadap vaksin bisa karena ketidakpahaman mereka mengenali apa makna sesungguhnya. Ini yang kerap tidak diketahui masyarakat dan menimbulkan banyak polemik. Vaksin Covid-...

Ketidakpercayaan masyarakat terhadap vaksin bisa karena ketidakpahaman mereka mengenali apa makna sesungguhnya. Ini yang kerap tidak diketahui masyarakat dan menimbulkan banyak polemik.

Vaksin Covid-19 yang tengah dikembangkan oleh banyak negara menjadi salah satu benda yang ditunggu-tunggu sekaligus dikhawatirkan. Sedangkan, beberapa peneliti meyakini bahwa dengan hadirnya vaksin, itu akan mengakhiri pandemi ini.

anak divaksin

Terlepas dari itu, Okezone coba memberikan penjelasan pada Kamu soal perbedaan makna dari vaksin, vaksinasi, dan imunisasi yang kerap salah diartikan masyarakat.

Menurut keterangan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), ketiga istilah itu memang mempunyai maknanya sendiri, meski terdengar mirip.

Jadi, untuk vaksin diartikan sebagai produk yang merangsang sistem kekebalan seseorang untuk menghasilkan kekebalan terhadap penyakit tertentu sekaligus melindungi orang tersebut dari penyakit itu.

Vaksin biasanya diberikan melalui suntikan jarum, tetapi bisa juga diberikan melalui mulut atau disemprotkan ke hidung.

Menurut laporan NPS Medicine Wise, vaksin sering kali mengandung sejumlah kecil virus atau bakteri yang mati atau lemah atau sebagian darinya. Beberapa vaksin mengandung racun tidak aktif yang diproduksi oleh bakteri penyebab penyakit.

Beberapa vaksin perlu diberikan lebih dari satu kali untuk memastikan sistem kekebalan dapat mengatasi infeksi yang nyata di masa depan. Vaksin influenza misalnya, karena bersifat protektif sementara -disebabkan virus yang terus berubah- perlu disuntikan lebih dari sekali.

"Itu kenapa seseorang direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin influenza setiap tahun," terang laporan tersebut.

Beda dengan vaksin, vaksinasi merupakan tindakan memasukkan vaksin ke dalam tubuh untuk menghasilkan kekebalan terhadap penyakit tertentu.

Jadi, bisa dikatakan bahwasannya vaksinasi merupakan upaya memasukkan vaksin ke dalam tubuh seseorang supaya tubuhnya kebal penyakit tertentu.

Lalu, bagaimana dengan imunisasi?

CDC memaparkan bahwa imunisasi ialah suatu proses seseorang dilindungi dari suatu penyakit melalui vaksinasi. Istilah ini sering digunakan secara bergantian dengan vaksinasi atau inokulasi.

(DRM)

Comments