Catat! Ini Hidden Gem Wisata Gunung Kidul, Bikin Liburan Jadi Berbeda

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Catat! Ini Hidden Gem Wisata Gunung Kidul, Bikin Liburan Jadi Berbeda

Catat! Ini Hidden Gem Wisata Gunung Kidul, Bikin Liburan Jadi Berbeda

KEPONEWS.COM - Catat! Ini Hidden Gem Wisata Gunung Kidul, Bikin Liburan Jadi Berbeda Yogyakarta tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar, tapi juga mempunyai banyak daya tarik wisata yang memanjakan mata. Salah satunya di Kabupaten Gunung Kidul....

Yogyakarta tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar, tapi juga mempunyai banyak daya tarik wisata yang memanjakan mata. Salah satunya di Kabupaten Gunung Kidul.

Banyak tempat wisata di Gunung Kidul yang tentu tak asing lagi di indera pendengaran para wisatawan. Seperti, gunung Api Purba Nglangeran, Gua Jomblang, pantai Baron, Watu Payung, dan masih banyak lagi.

Untuk makin menunjang kedatangan wisatawan ke Gunung Kidul, pemerintah setempat gaungkan kampanye #IniGunungkidul The Ultimate Hidden Gem. Melalui kampanye tersebut, wisatawan dijanjikan bisa rasakan pengalaman berwisata dengan sentuhan sumber daya Gunungkidul yang terkenal akan kekayaan serta keindahannya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta memberikan bahwa kampanye #IniGunungkidul The Ultimate Hidden Gem itu memang jadi taktik untuk mengangkat banyak sekali sumber daya Gunungkidul yang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan dengan mengangkat tiga pilar.

Sandiaga Uno Dorong Pelaku Wisata Harus Berkolaborasi Hadapi Situasi Sulit

Tempat Wisata Gunung Kidul - Air Terjun Luweng Sampang (instagram @berandajogja & @indravangulick)Tempat Wisata Gunung Kidul - Air Terjun Luweng Sampang (instagram @berandajogja & @indravangulick)

Pilar pertama ialah investasi dengan menunjukan pembangunan di daerah Gunung Kidul yang telah dilakukan selama ini.

"Selain menunjukkan perkembangan serta capaian Pemerintah Gunungkidul dalam banyak sekali pembangunan yang telah dilakukan, tujuan dari pilar pertama ini juga ingin menarik investor yang tertarik untuk berinvestasi demi terciptanya ekosistem Gunungkidul yang lebih maju melalui campaign ini," kata Sunaryanta dalam keterangan tertulisnya.

Pilar Kedua, mengembangkan ekonomi kreatif melalui usaha mikro, kecil dan menegah (UMKM). Gunungkidul memang sudah terkenal dengan sumber daya alam yang indah. Tetapi selain itu juga tersembunyi banyak sekali karya produk dari UMKM para warga lokal.

Sunaryanta melihat dengan banyaknya UMKM tersebut menjadi penunjang sektor pariwisata di Gunungkidul. Ia mencatat ada sekitar 30.000 ribu UMKM di daerahnya. Dari jumlah itu, cukup banyak yang mempunyai kekhasan. Terutama yang menjual banyak sekali macam produk hasil pertanian.

Khasnya juga banyak, salah satunya yang berbahan bakunya dari singkong. Kemudian dari umbi-umbian. Itu sangat banyak sekali, ujarnya.

Harga Tiket Pesawat Mahal, Cok Ace Sebut Penurunan Wisatawan Terjadi Tanpa Terasa

Sempat ikut terdampak karena situasi pandemi Covid-19, Sunaryanta yakin UMKM di sektor pariwisata mulai bangkit kembali. Bahkan sebenarnya masih mempunyai potensi besar yang bisa dikembangkan, salah satunya dengan pemanfaatan teknologi.

Comments