Cara Warga Indonesia Maksimalkan Pengembalian Pajak di Australia

Internasional

News / Internasional

Cara Warga Indonesia Maksimalkan Pengembalian Pajak di Australia

Cara Warga Indonesia Maksimalkan Pengembalian Pajak di Australia

KEPONEWS.COM - Cara Warga Indonesia Maksimalkan Pengembalian Pajak di Australia Tahun keuangan di Australia akan berakhir tanggal 30 Juni mendatang, yang artinya warga Australia yang mempunyai pendapatan wajib melaporkan pendapatan dan pembayaran pajaknya. Pelaporan pajak di Aust...

Tahun keuangan di Australia akan berakhir tanggal 30 Juni mendatang, yang artinya warga Australia yang mempunyai pendapatan wajib melaporkan pendapatan dan pembayaran pajaknya.

Pelaporan pajak di Australia dilakukan dari tanggal 1 Juli hingga 3 Oktober setiap tahun. Selain pengeluaran terkait pekerjaan, donasi juga bisa diklaim untuk mendapat uang kembali. Pemegang WHV juga harus melaporkan pendapatan dan pajak mereka

Pelaporan pendapatan dan pajak juga berlaku bagi warga Indonesia yang tinggal dan bekerja di Australia tapi terkadang mereka tidak terbiasa melaporkan pajak secara rajin, ujar seorang akuntan pajak asal Indonesia di New South Wales, Aldo Yunus.

Membuat Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak mungkin menakutkan bagi sebagian warga karena terdengar terlalu kompleks.

Padahal bisa jadi pemerintah Australia mengambil pajak terlalu tinggi dari penghasilan yang artinya ada uang yang dikembalikan.

Warga juga bisa mengklaim pengeluaran-pengeluaran yang terkait dengan pekerjaan dan bisnisnya sehingga yang dikembalikan pun bisa lebih banyak lagi.

"[Tapi] kebanyakan warga Indonesia tidak mempunyai pengetahuan [soal pajak] karena usia yang muda, biasanya yang memegang visa pelajar," ujar Aldo Yunus kepada ABC Indonesia.

Menurut akuntan yang berbasis di Sydney tersebut ada juga beberapa warga Indonesia yang sengaja tidak melaporkannya, karena bisa jadi mereka justru harus membayar uang kepada Kantor Pajak Australia (ATO) dan bukannya mendapatkan uang dari pajak yang dikembalikan.

Pengeluaran yang seringkali lupa diklaim Tax return Banyak warga yang merasa pelaporan pajak ialah hal yang kompleks, tapi sebenarnya bisa mendapatkan uang Kamu kembali.

Flickr, Eric Heupel

Saat membuat laporan pajak, Aldo mengatakan banyak yang sering lupa memasukkan barang-barang yang sebenarnya bisa diklaim, misalnya saja seragam yang bukan terbatas pada seragam dengan logo perusahaan.

"Padahal mereka bisa melaporkan pengeluaran seragam yang jenis pakaiannya ditentukan perusahaan, sebagai contohnya pakaian harus berwarna hitam dan sepatu hitam."

Barang lain yang juga sering terlupakan ialah tas kerja, karena menurut Aldo tas kerja yang digunakan untuk membawa seragam, peralatan kerja, bahkan sepatu kerja.

Grants commission recommends cutting WA GST share Semua bukti pengeluaran sebaiknya disimpan karena bisa jadi terkait pekerjaan yang bisa Kamu klaim

Foto: ABC 7.30 Report

"Namun bila tas itu digunakan juga untuk keperluan pribadi, maka pembayar pajak memperkirakan berapa persen penggunaannya untuk kerja dan pribadi," jelas Aldo.

Warga Indonesia juga diminta untuk mengingat kembali bila pernah memberikan sumbangan kepada lembaga non-profit yang terdaftar di Australia, karena mereka bisa melaporkan uang sumbangannya sebagai pengeluaran.

"Ini bisa dimanfaatkan untuk mengurangi pajak dan juga berarti bagi orang lain, karena uang yang dikembalikan dari pajak bisa disumbangkan kembali."

Memaksimalkan perolehan "tax return" Australia coins Yang paling utama dilakukan untuk memaksimalkan pengembalian uang dari pajak ialah menyimpan semua bukti pengeluaran terkait pekerjaan.

Flickr, Ben Hosking

Semua pengeluaran yang hendak diklaim kepada ATO harus bisa dipertanggungjawabkan, misalnya dengan menunjukkan bukti pembelian, baik salinan resi atau catatan rekening bank.

Kompleks apartemen Mascot Towers di Sydney yang jadi sorotan karena ditemukan keretakan pada bangunan tersebut pada pertengahan Juni 2019.

Mau Beli Apartemen Baru di Australia? Cermati Dahulu Masalah Ini

Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta sedang mencari inisiatif pariwisata baru menyusul penutupan pendakian batu uluru.

Taman Nasional Uluru yang Terkenal Tiba-tiba Sepi Pengunjung, Ada Apa

Thousands flock to Bondi Beach as the mercury hit 33 degrees in Sydney on January 22, 2010. Temperatures are expected to reach 39 degrees in the city and 43 degrees out west over the weekend.

Warga Indonesia di Australia Paling Banyak Tinggal di Sydney-Melbourne

Bila Kamu ingin memaksimalkan uang yang dikembalikan dari pemerintah, Aldo mengatakan semua pengeluaran yang terkait dengan pekerjaan harus selalu tercatat dan buktinya disimpan baik.

Tak ada "pertanyaan yang bodoh soal pajak", jadi kalau Kamu mempunyai pertanyaan dan ketidakjelasan bisa langsung ditanyakan kepada ATO atau kepada akuntan pajak untuk membantu saat mengisi SPT.

Australian Taxation Office Kantor Pajak Australia atau ATO merupakan salah satu lembaga dengan kewenangan paling besar di Australia.

AAP: Tom Compagnoni

"Berdiskusilah dengan tax accountant Kamu setiap tahunnya, supaya bisa memahami lebih lanjut mengenai pengurangan pajak dari [pengeluaran yang] berhubungan dengan kerjaan," kata Aldo.

Ia memaparkan ada beberapa hal yang bisa mengurangi pajak, seperti negative gearing, saat pemilik properti yang mengalami depresiasi dari properti yang disewakan sehingga mengurangi pendapatan mereka.

Mengalami kerugian saat berinvestasi di saham atau valuta asing serta salary sacrifice juga bisa dilaporkan untuk tidak dikenai pajak.

Pajak untuk Working Holiday Visa Kuota visa WHV ditambah Kuota visa WHV ditambah

Kuota visa WHV ditambah

Vita Nur Khasanan, ketiga dari kiri, bersama rekan-rekan kerjanya yang mengikuti program WHV dan kini bekerja di pabrik daging.

Foto: Koleksi pribadi

Australia telah menabah kuota program Working Holiday Visa bagi warga Indonesia yang memenuhi syarat.

Mereka yang memakai Working Holiday Visa (WHV) juga tidak terkecuali harus melaporkan pendapatan dan pajak, apalagi hal ini telah diatur oleh ATO, yang bisa dibaca disini.

Sama seperti pembayar pajak lainnya, mereka yang sedang bekerja sambil berlibur di Australia bisa memanfaatkan beberapa pengurangan pajak yang diberikan pemerintah.

"Salah satu kriteria untuk memperpanjang WHV untuk kedua kalinya merupakan bekerja di tempat-tempat spesifik, seperti rural areas yang jauh dari kota besar selama 3 bulan," kata Aldo

"Hal ini bisa bisa jadi keuntungan untuk mendapatkan zona pengurangan pajak A atau B."

Banyak diantara pemegang WHV bekerja lebih di satu tempat, sehingga saat memakai transportasi antara satu tempat kerja ke tempat kerja lain bisa melaporkan pengeluaran ini, tambahnya

Gosip seputar tinggal dan bekerja di Australia bisa Kamu dapatkan hanya di ABC Indonesia.

Comments