Cara Unik Konjen RI Vietnam Promosi Wisata Indonesia

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Cara Unik Konjen RI Vietnam Promosi Wisata Indonesia

Cara Unik Konjen RI Vietnam Promosi Wisata Indonesia

KEPONEWS.COM - Cara Unik Konjen RI Vietnam Promosi Wisata Indonesia Ho Chi Minh - Kemenpar menggelar Sales Mission pariwisata Indonesia di Vietnam. Konjen RI untuk Ho Chi Minh, Jean Anes melayani makan para pebisnis wisata untuk suasana yang lebih akrab.Dengan gaya un...

Ho Chi Minh - Kemenpar menggelar Sales Mission pariwisata Indonesia di Vietnam. Konjen RI untuk Ho Chi Minh, Jean Anes melayani makan para pebisnis wisata untuk suasana yang lebih akrab.

Dengan gaya unik itu, yaitu tamu VIP-lah yang akan dilayani langsung oleh Konjen RI. Setelahnya mereka makan siang bersama para sellers dan buyers di tengah acara.

"Tentunya bekerja sama dengan mitra kita di pihak Vietnam. Memang sudah seharusnya menjadi mediator untuk pertumbuhan industri pariwsata untuk menjual paket wisata dari Indonesia ke Vietnam maupun dari Vietnam ke Indonesia," kata Jean Anes kepada detikTravel, Senin (3/4/2017).

Jean Anes tidak sendiri, ada juga Pupung Thariq Fadhillah selaku Kepala Bidang Misi Penjualan Pasar Asia Tenggara Kemenpar, Nguyen Bao Anh selaku Deputy Director Ho Chi Minh City Tourism Promotion Center, dan Nguyen Viet Anh selaku Manager of Travel Management Division Ho Chi Minh City Departement of Tourism.

Jean mengatakan, kerja sama Indonesia dan Vietnam dalam segala bidang termasuk industri pariwisata sangat baik. Kemenpar RI dan pihak Vietnam saling bekerjasama untuk menambah jumlah wisman di masing-masing negara.

Cara Unik Konjen RI Vietnam Promosi Wisata IndonesiaFoto: (Angling Adhitya Purbaya/detikTravel)Awalnya, acara Sales Mission bertajuk Indonesia Tourism Table Top in Vietnam 2017 itu berlangsung di ballroom Hotel Sheraton yang dihadiri 11 sellers dari Indonesia dan 42 buyers dari Vietnam. Lalu, acara berlanjut dengan persentasi oleh perwakilan industri pariwisata Febriana Budiman, pakar gastronomi Indonesia Ari Parikesit, dan perwakilan Garuda Indonesia untuk Ho Chi Minh City yakni Vu Duy Hai.

Pengenalan tempat wisata dan masakan dilakukan oleh narasumber sebelum dilakukan table top. Ketika table top, para sellers menunjukkan produk wisata Indonesia langsung kepada buyers secara bergilir tiap meja.

Setelah itu, menjelang makan siang, Jean, Nguyen Bao Anh, dan Nguyen Viet Anh bergabung memberikan sambutan serta saling bertukar cindera mata. Ketika waktunya makan siang, tiga orang tersebut ditambah Pupung dan Ari memakai apron hitam dengan bendera merah putih di dada kanan.

Cara Unik Konjen RI Vietnam Promosi Wisata IndonesiaFoto: (Angling Adhitya Purbaya/detikTravel)Mereka kemudian berjajar di meja buffet. Jean yang berada di paling ujung memberikan piring ke buyers dan lainnya melayani menuangkan lauk. Suasana pun cair dan penuh keakraban.

Gaya promosi seperti itu memang mulai dilakukan pada Asdep Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar untuk lebih menunjukkan keramahtamahan, kedekatan dan contoh melayani. Bahkan pimpinan pun bisa melayani dengan ramah dan senyum.

Cara Unik Konjen RI Vietnam Promosi Wisata IndonesiaFoto: (Angling Adhitya Purbaya/detikTravel)Ketika makan siang, para seller juga dihibur dengan tarian tradisional serta nyanyian oleh tim kesenian dari Sanggar Ayoub Zycra Dance Music Performance Jakarta. Usai itu acara pun dilanjutkan lagi dengan table top antara seller dan buyers.

Sementara itu Pupung mengatakan, pihaknya berharap statistik kunjungan wisman asal Vietnam ke Indonesia akan bertambah setelah adanya Sales Mission yang digelar dua hari yaitu Senin kemarin di Ho Chi Minh City dan hari Rabu (5/4) mendatang di Hanoi.

"Kita berharap bisa 20% jumlah peningkatan wisman Vietnam (ke Indonesia). Harus didukung bermacam pihak, kita dibantu ada dari KJRI, dari departemen pariwisata," pungkasnya.(alg/fay)

Comments