Cara Tingkatkan Kualitas Audio Bluetooh di Smartphone Android

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Cara Tingkatkan Kualitas Audio Bluetooh di Smartphone Android

Cara Tingkatkan Kualitas Audio Bluetooh di Smartphone Android

KEPONEWS.COM - Cara Tingkatkan Kualitas Audio Bluetooh di Smartphone Android Tidak bisa dielakkan, kualitas audio earphone konvensional dan nirkabel berbeda meski dengan harga yang sama. Sebagaimana dilansir laman Gadgets Now, terdapat beberapa cara untuk meningkatkan kualitas...

Tidak bisa dielakkan, kualitas audio earphone konvensional dan nirkabel berbeda meski dengan harga yang sama.

Sebagaimana dilansir laman Gadgets Now, terdapat beberapa cara untuk meningkatkan kualitas audio pada earphone Bluetooth melalui smartphone Android.

Caranya pun cukup mudah, adalah dengan mengubah codec Bluetooth dan membantu earphone men-decode audio ke potensi maksimal.

Sebelum melakukan langkah-langkahnya, pengguna perlu memahami codec dan cara kerjanya. Ada beberapa jenis codec Bluetooth yang digunakan earphone nirkabel.

Paling umum merupakan SBC (Sub Band Codec) yang merupakan universal codec dan hampir semua perangkat audio Bluetooth memakai codec tersebut.

Tak hanya itu, ada beberapa codec lainnya yang lebih canggih. Seperti aptX milik Qualcomm dan umumnya ditemukan di smartphone yang menjalankan prosesor Qualcomm Snapdragon. Sony juga mempunyai codecnya sendiri yang disebut LDAC.

Codec sendiri ialah program yang memampatkan audio analog dan mengirimkannya ke earphone melalui Bluetooth. Earphone kemudian mengdekompresnya kembali ke sinyal audio.

Kode lanjutan seperti aptX, AAC, dan LDAC bisa mentransmisikan file yang lebih besar sekaligus dan dapat menghasilkan kualitas audio yang lebih baik.

Dukungan codec juga tergantung pada perangkat. Pengguna harus memeriksa halaman dukungan earphone untuk mengetahui codec apa yang didukung.

Sebagian besar earphone Bluetooth dengan harga terjangkau umumnya menyokong SBC dan AAC dan earphone nirkabel yang lebih mahal menyokong LDAC dan aptX.

Headphone bluetooth. [Shutterstock]Headphone bluetooth. [Shutterstock]

Berikut cara untuk meningkatkan kualitas audio di smartphone Android:

Buka Settings > pilih About > cari Build number dan ketuk sebanyak 7 kali hingga pengguna melihat pemberitahuan yang mengatakan 'You are a developer .

Setelah selesai, kembali ke halaman Settings > hubungkan earphone lalu buka Developer options. Gulir ke bawah dan temukan Bluetooth audio codec > pilih codec yang didukung oleh earphone.
Setelah selesai, hidupkan ulang smartphone dan pengguna dapat menikmati kualitas audio yang telah ditingkatkan.

Comments