Cara Tahu Apakah Pesan Sudah Terbaca di Android, Simak Ya!

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Cara Tahu Apakah Pesan Sudah Terbaca di Android, Simak Ya!

Cara Tahu Apakah Pesan Sudah Terbaca di Android, Simak Ya!

KEPONEWS.COM - Cara Tahu Apakah Pesan Sudah Terbaca di Android, Simak Ya! Saat ini, pengguna Android dapat mengaktifkan read receipt (tanda bahwa pesan telah dibaca). Fasilitas tersebut dahulu hanya tersedia pada iPhone dan software perpesanan lain, seperti WhatsApp atau Fa...

Saat ini, pengguna Android dapat mengaktifkan read receipt (tanda bahwa pesan telah dibaca). Fasilitas tersebut dahulu hanya tersedia pada iPhone dan software perpesanan lain, seperti WhatsApp atau Facebook Messenger.

Kalau kamu dan penerima pesan teks sama-sama memakai perangkat Android modern yang menyokong RCS (jenis perpesanan baru), memasang software perpesanan RCS (misalnya Android Messages atau Samsung Messages), dan telah mengaktifkan read receipt, kamu dapat melihat apakah pesan yang dikirim telah dibaca. Software perpesanan lain mungkin juga menyokong RCS, tetapi kedua software ini telah terpasang di kebanyakan perangkat Android dan bisa berfungsi dengan baik.

Berikut ini cara mengetahui apakah pesan kamu sudah terbaca di Android seperti dikutip dari Wikihow, Jumat (7/10/2022),

Metode pertama, bila kamu memakai Android Messages, caranya :

Cara Koneksikan Apple AirPods ke Ponsel Android, Mudah Banget!

1. Buka software Android Messages. Ikonnya berwarna biru dengan gelembung percakapan putih. Messages merupakan software perpesanan resmi untuk Android dan telah terpasang di kebanyakan perangkat selain Samsung. Apabila kamu belum memilikinya, buka Google Play Store dan unduh Android Messages.

Untuk melihat read receipt di Android Messages, kamu dan penerima pesan harus memakai software perpesanan yang menyokong RCS, dan mengaktifkan read receipt.
Read receipt membutuhkan koneksi internet sehingga Kamu harus mengaktifkan Wi-Fi atau paket data seluler.

Tampilan Aplikasi Android Messages [Wikihow]Tampilan Software Android Messages [Wikihow]

2. Sentuh menu 3 titik Menu ini terdapat di sudut kanan atas.

3. Sentuh Settings yang ada di dalam menu. Menu Settings akan dibuka.

4. Sentuh Chat features di dalam menu Settings. Layar perangkat akan menampilkan beberapa pengaturan yang dapat diaktifkan dan dinonaktifkan.

Update Twitter, Tampilan DM di Software Android Lebih Modern

5. Alihkan "Enable chat features" ke posisi On Gambar berjudul Android7switchon.png. Beberapa saat kemudian, tombol alihan (switch) akan berubah hijau, yang menandakan bahwa fasilitas baru sudah diaktifkan.

Tergantung wilayahnya, mungkin kamu akan diminta untuk mengaktifkan fasilitas ini melalui layanan yang bernama Jibe Mobile milik Google. Artinya, penyedia layanan internet kamu belum disetel untuk memakai fasilitas obrolan (chat feature) ini sehingga Jibe Mobile akan menangani masalah tersebut. Baca dan setujui persyaratan layanannya untuk melanjutkan.

Bila fasilitas obrolan tidak bisa diaktifkan, kamu tidak akan bisa memakai read receipt. Penyedia layanan internet kamu mungkin belum menyokong RCS, atau perangkat Android kamu terlalu tua.

6. Alihkan "Send read receipts" ke posisi On Gambar berjudul Android7switchon.png. Bila sudah diaktifkan, kamu bisa melihat apakah pesan teks telah dibaca oleh penerimanya, yang sama-sama memakai Android Messages (dan juga telah mengaktifkan read receipt).
Agar kamu bisa melihat ketika orang lain sedang mengetik (dan sebaliknya), aktifkan juga "Show typing indicators".

7. Kirimkan pesan ketika terhubung ke internet. Jikalau penerima pesan (yang juga telah mengaktifkan read receipt) membaca pesannya, tulisan "Read" dan berita waktu (time stamp) akan ditampilkan di bawah pesan. Sahabat kamu juga akan melihat hal yang sama ketika membaca pesannya.

Kamu bisa mengetahui apakah penerima pesan telah mengaktifkan fasilitas obrolan bila terdapat tulisan "Chat message" di bagian atas kolom Compose (tempat untuk menuliskan pesan). Bila tidak ada koneksi internet, pesan akan dikirim dalam bentuk SMS, seperti pesan teks biasa. Kamu tidak akan menjumpai tanda telah dibaca (read receipt) dengan cara ini.

Metode kedua, jikalau kamu memakai Samsung Messages, caranya :

1. Jalankan software Messages di Samsung Galaxy. Ikonnya berwarna hijau dan biru muda yang di tengahnya terdapat gelembung percakapan putih. Pada Samsung Galaxy Note10, S10, atau yang lebih baru, dan penyedia paket data seluler yang digunakan menyokong RCS, kamu bisa melihat bila pengguna Android lain telah membaca pesan teks.

Tampilan Aplikasi Samsung Messages [Wikihow]Tampilan Software Samsung Messages [Wikihow]

Samsung Messages merupakan software bawaan di ponsel Samsung Galaxy. Setelah mengaktifkan read receipt dengan cara ini, kamu dapat melihat apakah pengguna Samsung Messages atau Android Messages (yang sudah mengaktifkan read receipt) telah membaca pesan kamu.

2. Sentuh ikon menu Ikon 3 titik vertikal ini berada di pojok kanan atas software perpesanan

3. Sentuh Settings yang ada di dalam menu. Pengaturan perpesanan perangkat akan ditampilkan.

4. Sentuh Chat Settings. Di sini tersedia fasilitas perpesanan lanjutan, termasuk opsi untuk mengaktifkan read receipt.

5. Alihkan "Share read status" ke posisi On Gambar berjudul Android7switchon.png. Dengan mengaktifkannya, kamu bisa mengetahui bila pesan Kamu telah dibuka oleh penerimanya (dan sebaliknya). Agar kamu bisa melihat ketika orang lain sedang mengetik (dan sebaliknya), aktifkan juga "Show tyhping indicators".

6. Kirim pesannya ketika terhubung ke internet. Ketika penerima pesan (yang juga telah mengaktifkan read receipt) membaca pesannya, tulisan "Read" dan berita waktu akan ditampilkan di bawah pesan. Sahabat kamu juga akan melihat hal yang sama ketika kamu membaca pesannya.
Kalau tidak ada koneksi internet, pesan akan dikirim dalam bentuk SMS. Pesan SMS tidak bisa menampilkan read receipt.

Jikalau kamu tidak melihat read receipt dari pengguna Android Messages, cobalah mengunduh dan memakai Android Messages. Samsung Messages dan Android Messages sebenarnya dirancang agar bisa bekerja sama dengan baik, tetapi mungkin ada beberapa hal yang membuatnya tidak berfungsi.

Comments