Cara Startup Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Cara Startup Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Cara Startup Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

KEPONEWS.COM - Cara Startup Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19 TANGERANG - Perkembangan dunia startup yang ditopang kemajuan teknologi digital kini terkendala karena munculnya pandemi Covid-19. Dari data yang dihimpun, sebagian besar pelaku usaha startup tak bisa...

TANGERANG - Perkembangan dunia startup yang ditopang kemajuan teknologi digital kini terkendala karena munculnya pandemi Covid-19. Dari data yang dihimpun, sebagian besar pelaku usaha startup tak bisa mempertahankan bisnisnya hingga terpaksa gulung tikar.

Mereka yang masih bertahan ialah pelaku usaha startup yang berani melakukan penyesuaian dari awal perencanaan bisnisnya. Tak mudah memang, namun upaya tersebut setidaknya bisa membuka peluang baru manakala aktivitas masyarakat serba terbatas di masa pandemi.

Seperti dipaparkan Chief Executive Officer Localin, Muhamad Bima Januri, yang menceritakan pengalamannya sempat terkatung-katung merintis usaha startup bersama 4 rekannya. Kata dia, situasi pandemi membuatnya harus bisa menyesuaikan tren perilaku hidup baru ke depan.

"Tantangan terbesar sih harus mengubah beberapa plan usaha, disesuaikan dengan kondisi sekarang. Lalu mulai memikirkan apa saja ekspresi dominan yang akan muncul ke depannya dengan perilaku hidup yang baru," katanya kepada Okezone, di Tangerang, Kamis (17/9/2020).

Menurut Bima, startup yang dirintis semenjak setahun lalu baru bisa diluncurkan saat ini. Itu pun setelah dilakukan perubahan dari konsep awalnya yang memang berkutat pada aktivitas offline, lalu berubah menjadi online. Pembatasan kontak fisik, dimanfaatkannya sebagai peluang bagi pengembangan startup ke depan.

"Setahun itu proses development, Maret selesai tapi karena pandemi baru bisa kita mulai sekarang. Awalnya kita akan fokus ke aktivitas offline, sekarang lebih fokus ke aktivitas online," jelasnya.

Dia pun bercerita bagaimana startup yang digelutinya itu merambah fasilitas yang kini memang sangat dicari informasinya oleh masyarakat, salah satunya soal komunitas. Di sana disediakan media guna mengatasi kejenuhan masyarakat untuk bisa berinteraksi satu sama lain namun tidak menimbulkan risiko penyebaran Covid-19.

Perkembangan dunia startup yang ditopang kemajuan teknologi digital kini terkendala akibat munculnya pandemi Covid-19.

Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Selanjutnya

Comments