Cara rebus telur agar kuningnya di tengah dan mudah dikupas, antigagal

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Cara rebus telur agar kuningnya di tengah dan mudah dikupas, antigagal

Cara rebus telur agar kuningnya di tengah dan mudah dikupas, antigagal

KEPONEWS.COM - Cara rebus telur agar kuningnya di tengah dan mudah dikupas, antigagal foto: TikTok/@mami_rt Telur rebus kerap dijadikan topping andalan pada banyak sekali macam masakan. Mulai dari gado-gado, bub...
Cara rebus telur agar kuningnya di tengah dan mudah dikupas, antigagal foto: TikTok/@mami_rt

Telur rebus kerap dijadikan topping andalan pada banyak sekali macam masakan. Mulai dari gado-gado, bubur ayam, lontong sayur, soto, gudeg, dan banyak lagi. Walau dimasak sederhana dengan cara direbus, hidangan telur ini sudah nikmat banget, lho.

Dengan harga yang ekonomis, telur bisa jadi sumber protein yang baik sebagai pelengkap nutrisi pada makanan. Tak heran bila kemudian banyak orang menyajikan telur rebus pada setiap menu makannya. Tak hanya dijadikan sebagai topping atau pelengkap pada makanan, telur rebus juga bisa jadi lauk sehari-hari.

Meskipun terbilang cukup mudah cara membuatnya, masih banyak orang yang tidak tahu trik atau cara merebus telur dengan benar. Saat merebus telur, beberapa dari kita pasti kerap menemui hasil telur rebus dengan bagian kuning yang berada di pinggir. Hal ini tentu bisa merusak kerapian dan membuat kuning telur mudah hancur saat diiris.

Oleh karena itu, penting untuk benar-benar memperhatikan proses merebus telur agar mendapat hasil yang tepat. Dilansir BrilioFood dari akun TikTok/@mami_rt, Senin (20/6), penggunan TikTok tersebut membeberkan cara merebus telur yang tepat supaya bagian kuningnya bisa di tengah dengan tepat.

bikin kuning telur di tengah dan kulit antilengket  TikTok

foto: TikTok/@mami_rt

Hal pertama yang perlu diperhatikan merupakan proses perebusan air. Sebelum memasukkan telur ke dalam panci, pastikan air yang digunakan sudah mendidih dengan tepat. Barulah kemudian masukkan telur yang akan direbus ke dalam panci tersebut. Cara ini bisa membuat kuning telur matang dengan tepat di bagian tengah.

Selain membuat bagian kuning bisa berada tepat di tengah, cara merebus telur yang dibeberkan tersebut juga bertujuan agar kulit telur mudah dikupas alias antilengket. Caranya dengan memakai minyak. Cukup dengan menambahkan sedikit minyak goreng saat telur sudah rebus selama beberapa saat. Setelah diangkat dan dikupas, hasilnya telur bisa auto mulus.

bikin kuning telur di tengah dan kulit antilengket  TikTok

foto: TikTok/@mami_rt

Sedangkan untuk waktu merebusnya tergantung pada kematangan yang diinginkan. Pemilik video tersebut turut memaparkan bahwa untuk mendapat hasil kuning telur yang matang tepat, diharapkan waktu 8 menit. Namun, bila ingin kuning telur setengah matang, cukup rebus selama 5 menit saja.

"Kalau mau kuningny mateng bngt 8 mnit kak tp klo mau stngh mteng cukup 5 mnit aj," jelas akun TikTok/@mami_rt.

Lantas setelah direbus, buang air hasil rebusan. Lalu ganti dan rendam telur dengan air dingin. Penggantian air ini dapat membuat telur rebus jadi lebih dingin dan mudah dikupas. Cara mengupasnya pun tidak lengket sehingga hasil telur tidak rusak.

Untuk membuktikan hasil dari bagian kuning telur, potong telur rebus tepat di bagian tengah. Setelah dipotong, kamu bisa mendapatkan bagian kuning yang tepat berada di tengah. Jadi lebih cantik dan rapi, kan?

bikin kuning telur di tengah dan kulit antilengket  TikTok

foto: TikTok/@mami_rt

Video milik akun TikTok/@mami_rt tersebut pun disukai lebih dari 75 ribu akun dan dibagikan lebih dari 800 kali. Tidak sedikit juga yang memberi tanggapan dan meninggalkan komentar pada video TikTok tersebut. Di antaranya merasa cara merebus terlu tersebut sangat bermanfaat.

"Kebetulan banget mu masak semur tahu telur suka kesel kuningnya kelopek terus kadang susah ngupas kulitnya," tulis akun TikTok/@dianpurnamasari627.

"oo baru tau aku... slma ini klo rebus telor di kupas susah," komentar akun TikTok/@tries409.

"alhamdulillah berhasil. Ini berlaku jg utk telur puyuh jg yaa," ujar pemilik akun TikTok/@naniktrio3.

"walaupun tips sederhana, tapi Bner2 ilmu juga nih.. trimakasih @Mami RT," kata akun TikTok/@rhinie_28.

"ilmu bru nih, bner gw klo rebus tlor kuning d pjokan mulu," pungkas TikTok/@radira403.

@mami_rt Balas @naniktri03 yeeyy berhasil kuningnya ditegah jadi cantik#fyp #fyp #foryoupage #fxyzcba #tips #cooking #food #foodie #resep #masakansimple suara asli - (mal)

Comments