Cara penularan virus Corona yang umum terjadi menurut penelitian

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Cara penularan virus Corona yang umum terjadi menurut penelitian

Cara penularan virus Corona yang umum terjadi menurut penelitian

KEPONEWS.COM - Cara penularan virus Corona yang umum terjadi menurut penelitian Pandemi virus Corona atau COVID-19 masih terus menyebar ke beberapa negara di seluruh dunia. Bahkan, penyebarannya pun sangat cepat. Hal ini membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau masyarak...

Pandemi virus Corona atau COVID-19 masih terus menyebar ke beberapa negara di seluruh dunia. Bahkan, penyebarannya pun sangat cepat. Hal ini membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau masyarakat untuk rajin mencuci tangan memakai sabun atau dengan hand sanitizer, membersihkan permukaan yang sering tersentuh dengan disinfektan, serta melakukan physical distancing. Langkah yang dilakukan oleh WHO untuk mencegah penyebaran COVID-19 semakin meluas.

Dilansir dari liputan6.com, pada Senin (30/3), menurut Kristen Hokeness, profesor dan ketua departemen ilmu pengetahuan dan teknologi di Bryant University, cara penularan virus Corona yang paling umum terjadi melalui kontak langsung dengan orang yang positif COVID-19 serta ketika seseorang bersin dan batuk namun tidak ditutupi. Virus Corona juga dapat hidup beberapa hari di permukaan yang keras dan tidak berpori, seperti kardus dan kain.

penularan virus corona pixabay

foto: pixabay.com

Penelitian dalam New England Journal of Medicine juga menemukan bahwa partikel aerosol juga dapat menyebarkan virus penyebab COVID-19. Diketahui, kalau partikel aerosol bisa bertahan lama di udara dan dapat melakukan perjalanan jauh ketika dihirup dan masuk ke paru-paru seseorang. Saat berada di udara, partikel aerosol dapat berpindah melalui peredaran udara dari ventilasi atau kipas yang akan membantunya untuk bergerak ke ruangan lain. Selain itu, aktivitas manusia seperti berjalan dan membuka pintu juga dapat membantu partikel berpindah.

Untuk itu pemerintah menganjurkan kepada masyarakat agar tetap tinggal di rumah dan tidak bepergian sampai beberapa waktu. Alasannya adalah, 'transmisi siluman' di antara orang-orang terinfeksi yang tidak mempunyai gejala yang jelas merupakan sumber penyebaran yang umum terjadi. Tentu ini akan semakin menyebar apabila berdekatan dengan orang tua yang mempunyai gejala penyakit bawaan dan anak kecil yang rentan terpapar virus dan bakteri.

Oleh karena itu, sangat penting melakukan physical distancing atau #jagajarakdulu dan menjaga kebersihan dengan mencuci tangan memakai sabun kurang lebih 20 detik atau dengan hand sanitizer. Juga selalu rajin membersihkan permukaan yang sering tersentuh, seperti gagang pintu, remote control atau keran air dengan disinfektan agar terhindar dari virus Corona.

Recommended By Editor

Comments