Cara Olah Biji Kopi di Rumah Jadi Kopi Siap Minum Ala Pencerita Kuliner Ade Putri, Cobain!

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Cara Olah Biji Kopi di Rumah Jadi Kopi Siap Minum Ala Pencerita Kuliner Ade Putri, Cobain!

Cara Olah Biji Kopi di Rumah Jadi Kopi Siap Minum Ala Pencerita Kuliner Ade Putri, Cobain!

KEPONEWS.COM - Cara Olah Biji Kopi di Rumah Jadi Kopi Siap Minum Ala Pencerita Kuliner Ade Putri, Cobain! Selain sebagai penjelajah masakan nusantara, Pencerita Masakan Ade Putri Paramadita, juga seorang penikmat kopi lokal Indonesia. Bahkan ia kerap mengolah sendiri biji kopi di rumahnya loh. Ia bercer...

Selain sebagai penjelajah masakan nusantara, Pencerita Masakan Ade Putri Paramadita, juga seorang penikmat kopi lokal Indonesia. Bahkan ia kerap mengolah sendiri biji kopi di rumahnya loh.

Ia bercerita semenjak kecil kerap menikmati kopi hitam bersama sang ayah, dan kini terbiasa mengolah biji kopi jadi kopi yang siap disajikan dan dikonsumsi langsung.

Nah, bagi pemula yang ingin coba membuat kopi dari biji kopi utuh di rumah, Ade menyarankan untuk berkenalan dan bertanya lebih dulu kepada para penggiling biji kopi atau para roaster biji kopi.

"Aku paling suka pas awal belum punya gilingan sendiri, aku paling suka nongkrong di Pasar Santa, itu ada tempat buat roasting kopi, ya nanya-nanya sama mereka," ujar Ade kepada Suara dalam acara gathering Pekan Pangan Lokal di BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (21/5/2022).

Kalapuaq Coffee, Kopi Kemasan dengan Brand Lokal yang Siap Temani Hari Kamu

Ilustrasi Minum Kopi di Malam Hari. (Pixabay)Ilustrasi Minum Kopi di Malam Hari. (Pixabay)

Pengetahuan perihal teknik menggiling kata perempuan yang juga penulis itu, jadi salah satu proses krusial. Apalagi cara menggiling kopi juga harus disesuaikan dengan alat yang dimiliki di rumah.

Adapun alat dasar yang umumnya dimiliki pemula ialah penggiling kopi manual. Baru selanjutnya penggunaan filter atau alat fresh press bubuk kopi sebelum kopi diminum.

Menariknya, untuk tekstur kopi setelah digiling dan diseduh harus disesuaikan dengan alat filter atau cara ingin menikmati kopi tersebut.

Alat fresh press, adalah sejenis teko kecil atau gelas yang di atasnya bisa ditekan manual, sehingga ampas bubuk kopi tidak terbawa saat kopi dituang, karena bubuk kopi tertahan di bagian bawah teko atau gelas.

"Kalau pakai alat fresh press biasanya, aku tekstur bubuk kopinya digiling seperti bentuk gula pasir, jadi masih ada udara untuk air bisa keluar ke atas, dan biasanya nggak terlalu pahit," jelas Ade.

Minum Kopi Setelah Minum Obat, Berbahaya atau Tidak?

Sedangkan untuk tekstur bubuk kopi yang sudah seperti tepung atau kopi instan, ia lebih pilih memakai cara kopi tubruk biasa yang dicampur gula.

Comments